badge

KECAMATAN KUALUH LEIDONG

Pemekaran Kabupaten Labuhanbatu Utara dari  induk Labuhan Batu baru berjalan kurang lebih 4 tahun. Umur yang masih muda untuk dapat langsung sejajar dengan Kabupaten lain yang telah terlebih dahulu exis. Namun di usia yang masih muda pembangunan di Kabupaten ini mulai bias dirasakan oleh masyarakatnya yang berjumlah lebih kurang 331.660 Jiwa (Sensus Penduduk Tahun 2010) terutama masyarakat yang berdiam di Kecamatan Kualuh Leidong yang memiliki  luas wilayah 34.032 Ha.

Kualuh Leidong hanya berjarak 51 Km dari Aekkanopan kota Kabupaten Labuhanbatu Utara, namun dengan jarak yang termasuk dekat harus ditempuh dengan waktu perjalanan minimal 2 jam berkendara dengan sepeda motor, bahkan bila dimusim penghujan hanya sepeda motor jenis Trail yang dapat menembusnya.

Kerupuk Leidong

Kerupuk Leidong

Banyak potensi yang dapat digali bila akses ke daerah tersebut tersedia, setelah pemekaran Kabupaten Labuhanbatu Utara baru mulai dirasakan pembangunan oleh masyarakatnya. Pembangunan akses jalan secara bertahap telah mulai dilaksanakan sehingga tidak akan lama lagi Kualuh Leidong tidak akan terisolir dikarenakan akses jalan yang hancur. Sesuai dengan Tujuan pembangunan Kabupaten Labuhanbatu Utara yang memprioritaskan pembangunan untuk daerah pesisir sehingga banyak pembangunan yang bias dinikmati oleh masyarakat Kualuh Leidong. Tidak hanya membuka jalan, saat ini juga sedang berjalan pembangunan Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) di Kualuh Leidong yang nantinya dapat dipergunakan oleh para nelayan sebagai pusat pendaratan dan penjualan hasil tangkapannya. Pembinaan usaha kecil dan menengah juga ditingkatkan untuk kecamatan ini sehingga Kerupuk Leidong sebagai Kerupuk Andalan yang memiliki cita rasa udang yang enak dan gurih lebih dikenal

Grand Design PPI Tanjung Leidong

Grand Design PPI Tanjung Leidong

oleh masyarakat. Tidak hanya itu untuk pengolahan Belacan juga dibantu dengan pemberian mesin-mesin pengolahan untuk masyarakat. Di setiap pameran yang diikuti juga selalu ditampilkan Beras Leidong yang terkena memiliki warna yang putih bersih dan wangi serta enak, sebagai beras andalan Labuhanbatu Utara. Untuk

mempertahankan daerah pesisir sebagai lumbung beras juga dilakukan pembanguna sarana-sarana penunjang pertanian sehingga keberlangsungan kualuh leidong sebagai sentra padi daerah dapat terjaga.

Pembangunan tidak akan dapat dirasakan oleh masyarakat secara instan, namun akan secara bertahap, dan dapat dipastikan dengan tersedianya akses jalan ke daerah ini akan dapat memberi kemajuan dan manfaat yang besar bagi daerah ini, karena begitu banyak potensi yang dapat digali dari Kecamatan Kulauh Leidong.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

2 Responses

  1. Fulyanto09/09/2013 at 16:28Reply

    PPI, MANA??
    Jalan yg dijanjikan semenisasi mulai Desa Air Hitam ke Tanjung Leidong hanya setengah. Sementara semenisasi yg berupa cor betont tersebut mulai mengelupas dan tdk nyaman untuk berkendara. Sarana kesehatan juga jauh tertinggal. Tak ada obat gratis. Tak ada Jamkesmas. Tak ada Jampersal. Apakah ini bisa dikatakan sejahtera??

    • Author

      As10/09/2013 at 11:33Reply

      semua pasti ada proses brother, tapi sampai saat ini pembangunan itu kan sangat pesat untuk kec. kualuh leidong

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.