badge

SURGA KECIL YANG SEMPAT TERLUPAKAN

Kualuh Leidong

Kualuh Leidong

Kecamatan Kualuh Leidong menempati area seluas 340,32 Km2 yang terdiri dari 7 desa/ kelurahan definitif. Wilayah Kecamatan Kualuh Leidong di sebelah utara berbatasan dengan Asahan, di sebelah timur berbatasan dengan Selat Malaka, di sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Kualuh Hilir, dan di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Kualuh Hulu.

.

 Potensi
Berbagaimacam potensi yang terdapat di Kecamatan Kualuh Leidong diantaranya:

Potensi Pertanian.

Luas sawah dan produksi pertanian seapanjang tahun 2007 sebagai berikut:
Luas Sawah Menurut Jenis Irigasi Tahun 2007 ( Ha )

Dari jumlah 9.605 ha luas sawah maka luas panen dan produksi padi sawah pada tahun 2007 seluas 8.192 ha dengan jumlah produksi 37.421 ton

Potensi Padi sawah yang dihasilkan Kecamatan Kualuh Leidong diolah dan di jadikan Beras Leidong yang cukup Terkenal di Sumatera Utara , bahkan Beras Leidong jenis KKB dan Ramos telah di pasarkan di Jakarta, Medan dan Beberapa Kota besar di Sumatera Utara.
Potensi Tanaman palawija yang terbanyak di Kecamatan Kualuh Leidong adalah Jagung dengan luas panen 30 Ha dan produksi sebesar 85 ton.

a) Potensi Perkebunan

Tanaman perkebunan rakyat yang terbanyak adalah Kelapa Sawit dengan luas panen 2.051 Ha dan produksi sebanyak 24.423 ton, sedangkan untuk tanaman karet, kopi, dan kakao tidak ada budidaya dan produksi yang dihasilkan.
Dikecamatan Kualuh Leidong khususnya Desa Pangkalan Lunang terdapat perkebunan Salak yang Oleh Mantan Bupati Labuhanbatu Utara Drs.H.Daudyah MM memberikan nama Salak Leidong, Salak Leidong ini berjenis Pondoh rasa dan gurihnya tidak kalah dengan Salak pondoh yang belum di kembangkan secara Profesional namum merupakan salah satu potensi yang perlu dikembangkan.

b) Potensi Peternakan

Ternak yang paling banyak di Kecamatan Kualuh Leidong adalah kambing sebanyak 275 ekor, kemudian babi 224 ekor, domba 144 ekor, sapi 30 ekor, dan kerbau 6 ekor. Untuk unggas yang terbanyak adalah ayam 6.471 ekor, serta itik sebanyak 417 ekor.
Untuk Ternak sapi di beberapa Desa dapat dikembangkan lebih baik lagi tetapi perlu mendapatkan pembinaan bantuan modal dalam upaya peningkatan pendapatan masyarakat.

Tanjung Leidong

Tanjung Leidong

c) Potensi Pangan dan UMKM
Pengrajin Pembuatan Kerupuk Udang dan Trasi juga terdapat di Kecamatan Kualuh Leidong dan menghasilkan Kerupuk Udang dan Trasi yang cukup terkenal di Sumatera Utara, dan samping pengrajin kerupuk udang dan Trasi ada juga pengrajin pembuatan Batu Bata yang jumlah permintaannya sangat banyak namun sulit untuk di kelola secara profesional karena keterbatasan modal dan peralatan, demikian halnya dengan pengrajin atap nipah dimana harganya relatif lebih rendah.
Dalam Industri Pengolahan Padi atau disebut Kialang Padi, Kecamatan Kualuh Leidong memiliki Kilang Padi terbesar ke dua di Sumatera Utara yang menggolah padi secara Modern yang menghasilkan beras berkualitas.
Disamping Kilang padi juga terdapat industri 2 Unit Pengolahan Kopra (Kelapa Cungkil) yang menghasilkan Minyak Makan Kelapa (Virgin Coconut Oil ) yang dipasarkan ke Tanjung Balai, Siantar dan Kota Medan, untuk dioleh menjadi Produk turunan lainnya.

d) Perikanan dan Kelautan.

Pelabuhanb Tanjung Leidong

Pelabuhanb Tanjung Leidong

Sektor perikanan dan kelautan Kecamatan Kualuh sangat berpotensi dibuktikan dengan hasil tangkap dari nelayan berupa Ikan dan Udang segar maupun yang diolah menjadi ikan Asin, Produksi Ikan dan Udang maupun hasil olahannya di kirim ke Tanjung Balai dan Bahkan untuk Udang Heppy di kirim Ke Jakarta maupun Kota Medan.
Udang Gertak (Hek Ko) yang Cukup Mahal harga nya juga di miliki Kecamatan Kualuh Leidong, di Tanjung Leidong dan Simandulang terdapat beberapa pengusaha yang mengumpul dan membeli dari Nelayan dalam keadaan Hidup dan selanjutnya menjualnya ke Medan, Udang Jenis ini banyak diminati oleh Restoran-restoran Sea food yang berada di Kota Medan.
Disamping Produksi Ikan dan Udang potensi yang belum di manfaatkan secara efektif adalah Sarana Dermaga Tanjung Leidong yang cukup strategis menopang perekonomian masyarakat, terutama untuk dimanfaatkan sebagai pelabuhan Penumpang dan Barang dari dan ke Luar negeri.
Di Kualuh Leidong juga memiliki potensi untuk mengembangkan budidaya Udang dan Ikan dengan model Tambak, Kerambah dan Kolam, Produksi Tambak Udang diperkirakan Ratusan Ton pertahun dan Potensi budidaya model kerambah belum dikembangkan secara profesional sementara lahan untuk lokasi pembuatan Kerambah sangat tersedia di sepanjang sungai Air kualuh

e) Potensi Wisata

Adapun wisata yang sering di gandrungi masyarakat leidong adalah pelabuhan Tanjung Leidong yang memiliki keindahan yang sangat eksotis dengan hamparan laut yang luas dan angin yang berhembus kencang sehingga memberikan suasana kedamaian.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.