Wednesday 30th July 2014

PENEMUAN-PENEMUAN MASA LALU YANG MENGAGUMKAN SEPANJANG TAHUN 2012

Rumah tua inggris
Rumah tua inggris

Rumah tua inggris

1. Rumah Tua 10.000 Tahun di Inggris

Dekat Edinburg, Inggris ditemukan rumah berusia 10.000 Tahun  dekat jembatan Forth. Puing-puing yang ditemukan berasal dari masa Mesolitikum,  diperkirakan ada sejak tahun 8240 SM  (Daily Mail)
Pondasi untuk menyangga dinding dan atap, juga sisa-sisa perapian ditemukan para arkeolog dari reruntuhan rumah tersebut. Dari tulang-tulang yang diperkirakan merupakan hewan burung, ikan, babi hutan dan rusa tersebut diperkirakan pada masanya manusia yang hidup pada saat dan di daerah itu masih mengumpulkan makanan dengan cara berburu. Ditemukan juga sisa-sisa kulit kacang hazelnut.

Kelompok Manusia ini adalah penduduk pertama yang menghuni daratan Skotlandia setelah zaman es. Arkeolog juga menemukan sekitar 1.000 peralatan zaman batu, seperti peralatan berburu, menguliti dan memasak.

2. Kerangka di Kuil Aztec Meksiko

Di Meksiko tepatnya di bawah Kuil Templo Mayor ditemukan  15 kerangka dan tulang belulang ditemuka. Mayoritas tulang belulang itu adalah anak-anak yang diperkirakan hidup dalam masa suku Aztec.
Templo Mayor adalah kompleks piramida besar yang diduga pusat upacara dan pemujaaan Kerajaan Aztec. Institut Sejarah dan Arkelogi Nasional Meksiko menyatakan platform bebatuan ini memiliki diameter seluas 13 meter dan kemungkinan dibangun pada 1469 M.

Kuburan massal tersebut merupakan hasil ritual . ini dibuktikan dengan ditemukannya kerangka anak-anak ini dikeliling beberapa benda religius termasuk kerangka anjing yang sengaja dikorbankan untuk menemani mereka. Peneliti Alejandra Jasso Pena mengatakan mereka juga menemukan suling keramik, topeng tanah, mangkuk dan pembakar dupa.
Para arkeolog sudah melakukan penelitian di Templo Mayor selama 5 tahun untuk mencari kerangka raja dan anggota kerajaan Aztec.

 

makam putri mesir

makam putri mesir

3. Kerangka Makam Putri Kerajaan Mesir Kuno

Pemerintah Mesir melalui Menteri Purbakala Mesir Mohamed Ibrahim mengumumkan bahwa telah ditemukan makam putri kerajaan Mesir kuno yang berasal dari Dinasti ke-5 sekitar 2500 SM di wilayah Abu Sir, di selatan Kairo.

makam tersebut terdiri dari 4 pilar batu kapur. Pilar-pilar itu, mengandung huruf hieroglip yang menunjukkan nama dan gelar putri Mesir itu. Dalam inkripsi putri Mesir itu disebutkan ‘anak dari Raja Men Salbo dan kekasihnya yang dihormati di depan Tuhan yang Maha Kuasa’.

Ruang makam itu mengandung 4 sarkofagus batu kapur yang bergambar seorang pria, seroang pria yang ditemani putranya dan 2 pria dengan seorang wanita.

Penemuan makam ini menandai awal dari sebuah era baru dalam sejarah lokasi makam arkeologi di Abu Sir dan Saqqar

 

4. Makam Ratu Suku Maya

Arkeolog di Guatemala menemukan makam ratu Suku Maya, bersama dengan  perhiasan batu giok dan beberapa artefak lain.
Ratu Suku Maya yang dikenal dengan Ratu Kalomt’e K’abel yang diperkirakan hidup pada Abad ke-7, di lokasi penggalian Peru-Waka, utara Guatemala. Selain batu giok, ditemukan pula vas yang bergambar wajah perempuan dan tulisan yang merupakan nama ratu.

Ratu K’abel merupakan istri dari Raja Wak K’inich Bahlam II yang memerintah pada tahun 692.

Para sejarawan percaya bahwa Raja K’abel memerintah komunitas Maya, Calakmul yang sering berperang dengan kerajaan Tikal yang dipimpin Raja ‘El Zotz’ tepat di sebelah selatan perbatasan Meksiko masa kini

 

5. Kerangka Diduga Raja Richard III di Leicester

Di Parkiran Mobil di Leicester, Inggris para Peneliti dan Arkeolog menemukan kerangka yang diduga kuat adalah Raja Richard III setelah menggali suatu tempat parkir mobil di Leicester, Inggris, pada 25 Agustus 2012 lalu.
Lokasi itu dulunya diduga merupakan bekas gereja yang diduga tempat Raja Richard III dimakamkan. Peneliti dari Universitas Leicester Richard Taylor mengatakan kerangka yang ditemukan itu memiliki bekas trauma oleh alat berbilah, yang menjadi penyebab kematiannya. Ia juga mengatakan juga ditemukan kepala anak panah juga bentuk tulang belakang yang memiliki lengkungan namun tidak bungku

 

6. Situs Penemuan Tulang Diduga Mona Lisa

Pada Juni 2012 lalu, para arkeolog yang menggali Biara Santa Ursula di Florence, Italia, sejak akhir tahun 2011 lalu menemukan kerangka pada kedalaman 2 meter dari lantai biara. Kerangka dan tulang belulang itu diperkirakan arkeolog adalah milik Mona Lisa, demikian dilansir Daily Mail, 25 Juli 2012.

Mona Lisa, yang menjadi model lukisan kondang karya Leonardo Da Vinci itu pada tahun 1504, diduga bernama asli Lisa Gherardini. Dia menikah dengan konglomerat kaya pedagang kain sutera Francesco del Giocondo. Di Italia, Mona Lisa juga diketahui sebagai La Gioconda. Mona Lisa menjadi suster setelah kematian suaminya dan meninggal dan dikuburkan di biara itu pada 1542 M.

Arkeolog akan melakukan uji karbon dan uji DNA serta membandingkan kerangka itu dengan wajah di lukisan Da Vinci.




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply


− four = 1