badge

KEHIDUPAN PARA PEMINPIN NEGARA DUNIA

Presiden Indonesia
Presiden Indonesia

Presiden Indonesia

Menjadi Presiden pandangan orang pasti orang kaya dan akan jadi kaya raya. Pemahaman seperti itu tidak salah dari satu sisi, karena bila kita lihat saat berkuasa seorang Presiden mendapatkan gaji yang lumayan besar ditambah dengan tunjangan-tunjangan yang lain yang membuat tumpukan pundi-pundi seorang presiden semakin besar. Gaji Presiden Indonesia saat ini sekitar Rp 62.000.000  per bulan jumlah yang cukup besar karena diikuti dengan tunjangan-tunjangan yang lain. Gaji Kepala Pemerintahan  yang tertinggi saat ini adalah Perdana Menteri Singapur Lee Hsien Loong sekitar 2,7 Miliar Per Bulan bila setahun mencapai  32,8 Miliar rupiah. Disusul oleh Kepala Pemerintahan Hongkong Donald Tsang Yum-Kuen dengan gaji 494 Juta Per Bulan dalam setahun mencapai 5,9 Miliar, lalu Presiden Amerika Barack Obama mendapatkan gaji 383 Juta Perbulan dijumlahkan dalam setahun mencapai 4,6 Miliar rupiah. Gaji yang mereka peroleh itu masih diluar tunjangan dan biaya operasional Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan yang jumlahnya lebih besar dari Gaji Pokok yang mereka terima.

Namun tidak semua Kepala Pemerintahan atau Kepala Negara itu memiliki Gaji Tinggi dan memiliki predikat orang kaya. Jose Mujica, Presiden Termiskin di Dunia itulah sebutan untuk beliau saat ini, politisi berusia 77 tahun ini layak mendapat gelar presiden termiskin di dunia. Bagaimana tidak, pria bernama lengkap José Alberto Mujica Cordano ini mendonasikan 90 persen gajinya setiap bulan, yaitu 12.000 dollar AS atau hampir Rp 120 juta, untuk berbagai kegiatan amal. Dengan mendonasikan sebagian besar gajinya sebagai presiden untuk rakyat miskin dan pengusaha kecil, maka setiap bulan Mujica hanya menerima kurang dari Rp 800.000.

Amerika Serikat yang saat ini menjadi pemilik ekonomi terbesar di dunia memberikan gaji ketiga terbesar kepada Presiden mereka. Namun tidak semua Presiden Amerika Serikat itu orang kaya dan menjadi kaya setelah mereka melepas gelar Presidennya.

Harry S. Truman

Presiden AS ke-33 ini menghabiskan masa hidupnya dalam krisis keuangan pribadi. Walau tidak dinyatakan sampai bangkrut namun setelah lengser dari kursi Presiden, ia bersama istrinya, Bess, pindah ke rumah mertuanya di Independence, Montana. Truman merupakan salah satu presiden AS pertama yang menerima uang pensiun, sebanyak US$ 25.000 (Rp 237,5 juta) per tahun, dana yang bisa membuatnya bertahan hidup. Ia bersama istrinya juga merupakan salah satu presiden AS pertama yang dapat bantuan kesehatan untuk orang miskin.

Ulysses S. Grant

Sadis Presiden AS ke-18, Ulysses S. Grant, meninggal dalam keadaan bangkrut. Ia kehilangan dana dalam jumlah besar, sebanyak US$ 100.000 (Rp 950 juta) gara-gara ditipu oleh rekan bisnis anaknya, Ferdinand Ward. Gaya hidupnya yang berfoya-foya selama hidupnya membuatnya semakin terpuruk dalam krisis keuangan. Setelah meninggal baru keluarganya Grant mendapatkan situasi keuangan yang cukup aman. Keluarganya mendapat uang dalam jumlah yang cukup setelah menjual berbagai peninggalan Grant saat perang saudara senilai US$ 500.000 (Rp 4,75 miliar).

William Henry Harrison

Apes benar nasib Mantan Presiden Amerika Serikat yang satu ini. Nasib buruk tak pernah pergi jauh dari kehidupan William Henry Harrison, itulah mengapa ia selalu mengalami kesulitan keuangan. Presiden AS ke-9 ini tidak punya apa-apa yang bisa diwariskan kepada keluarganya. Sampai-sampai anggota pemerintahan memberikan sumbangan uang tunai senilai US$ 25.000 (Rp 237,5 juta) untuk janda Harrison.

Thomas Jefferson

Salah satu presiden AS yang cukup dikenal oleh masyarakat dunia, tapi yang pasti Thomas Jefferson bukan terkenal karena kondisi keuangannya. Ia memang terlahir di keluarga kaya dan bisa jadi menjadi salah satu orang terkaya ketika diangkat menjadi presiden AS.

Saat beranjak dewasa, ia mewarisi lahan pertanian seluas 5.000 hektar di Virginia yang diberi nama Monticello. Ia punya sekitar 200 budak belian yang bekerja di lahan tersebut. Kala itu, kekayaan Presiden AS ke-3 ini diperkirakan mencapai US$ 212 juta (Rp 2 triliun).

Sayangnya, si perancang naskah proklamasi AS alias the Declaration of Independence sekaligus pendiri Universitas Virginia ini tenggelam dalam utang dengan nilai yang cukup dahsyat di akhir masa jabatannya sebagai presiden AS.

Bahkan, ia pun gagal keluar dari jurang utang ini sampai akhir hayatnya. Jefferson sama sekali tidak memberikan warisan kepada putri satu-satunya yang ia tinggalkan. Sehingga, anak semata wayangnya itu harus hidup dari sumbangan warga sekitar.

James A. Garfield

Nasib sedih juga dialamai Presiden AS ke-20 ini dilahirkan di keluarga yang sedang mengalami kelaparan. Ia beranjak dewasa di sebuah rumah kayu mungil bersama empat saudara kandungnya. Setelah lulus, Garfield justru banyak melakukan pekerjaan yang membantu pelayanan umum dan kepentingan negara, sehingga tidak banyak uang bisa dihasilkan di wilayah itu. Ia meninggal secara tragis akibat dibunuh pada 1881. Ia diketahui tak punya harta sepeser pun pada akhir hayatnya itu.

Bagaimana dengan mantan Presiden Indonesia?

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

2 Responses

  1. berbol26/01/2013 at 16:15Reply

    terima kasih,, artikel yang menginspirasi,,, 🙂

  2. pagar brc20/07/2016 at 10:14Reply

    wah artikelnya menggugah selera nih..
    bagus banget, sangat memotivasi dan menginspirasi
    thanks bro

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.