badge

MENGENAL WISATA YANG TERLUPAKAN

Danau Toba
Danau Toba

Danau Toba

Danau Toba adalah danau terbesar yang dimiliki Indonesia, tidak hanya di Indonesia namun menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Tepat berada di Koordinat 3.58°LU 98.67°BT . Berada di Provinsi Sumatera Utara dan mengelilingi 7 (tujuh) Kabupaten di Sumatera Utara yaitu Kabupaten Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo dan ditengah danau ada pulau samosir yang menjadi Kabupaten Samosir. Dengan luas 1.145 km persegi dan memiliki kedalaman 450 meter, danau tipe vulkanik inimenjadi danau terbesar kedua di dunia setelah Danau Victoria di Afrika.

Danau Toba diperkirakan terbentuk dari 74.000 tahun lalu, hasil letusan gunung api super (supervolcano) yang dikenal dengan nama Gunung Toba. Dan menjadi ketakutan bila suatu waktu aktif kembali karena dalam sejarahnya letusan gunung ini bisa dirasakan sampai separuh dunia, menutupi matahari sampai 6 tahun, serta memicu terjadinya zaman es dan mempengaruhi cuaca bumi.

Penatapan Danau Toba

Penatapan Danau Toba

Diluar dari sejarah terbentuknya Danau Toba, saat ini Danau Toba telah menjelma menjadi tempat yang indah dan menjadi objek wisata andalan Sumatera Utara yang menarik wisatawan local maupun mancanegara. Keberadaannya yang ada di 7 Kabupaten menjadikan banyak pilihan wisata yang dapat kita kunjungi. Namun yang tetap menjadi primadona saat ini adalah Parapat. Perjalanan 4-5 jam dari Kota Medan, Parapat menjanjikan kepuasan berwisata bagi anda. Sebelum memasuki kawasan wisata Parapat kita bisa menikmati keindahan Danau Toba dari ketinggian tepat di tepi jalan raya, lebih dikenal dengan Penatapan Parapat. Sambil menikmati kopi atau teh kita menikmati keindahan hamparan luas Danau Toba dan Pulau Samosir yang memanggil-manggil diujung pandangan. Di Parapat kita bisa menikmati jernihnya Danau Toba, wisata air, melihat Batu Gantung yang memiliki sejarah dan dongeng Bangsa Batak. Pilihan belanja souvenir yang murah juga gampang kita dapatkan, begitu juga penginapan banyak pilihan yang tersedia, mulai dari Hotel Berbintang, Losmen, Rumah Singgah, bahkan Tenda Biru yan mirip seperti tenda kemping

Indahnya Penatapan Danau Toba

Indahnya Penatapan Danau Toba

berbahan terpal.

Bila kita ingin mencari pilihan wisata lain, kita tinggal menyeberang ke Pulau Samosir memakai Ferry atau bila kita memakai sepeda motor bisa langsung memakai Kapal Boat yang banyak tersedia. Di samosir juga banyak pilihan objek wisata yang bisa kita kunjungi, tomok tempat berbelanja souvenir murah (musti jago nawar) ada juga komplek makam Raja Sidabutar yang terbuat dari batu, pertunjukan patung sigale-gale , tuktuk siadong pusat wisata di Pulau Samosir, Pantai Ambarita, Pusuk Buhit yang dipercaya tempat asal usul Bangsa Batak, Aek Sipitu Dai yang memang memiliki keajaiban dengan 7 rasa, Batu Sawan batu tempat air rasa jeruk purut (ajaib betul), Batu Hobon yang dipercaya berisi harta pusaka bangsa batak, ada juga menara pandangan tele tempat memenadang panorama Danau Toba dari ketinggian pegungungan tele, Danau Sidihoni danau yang berada diatas Danau Toba dan banyak pilihan lainnya.

Pantai Bebas Danau Toba

Pantai Bebas Danau Toba

Begitu luas dan Indahnya Danau Toba yang bisa kita nikmati dari berbagai tempat, termasuk juga daerah kecamatan Muara Tapanuli Utara. Di Muara yang dikenal sebagai kota mangga ini kita bisa menikmati keindahan Danau Toba sehingga tidak salah dijuluki Muara Nauli (Muara yang Indah), bahkan para pecinta alam yang berkunjung menyebutnya sebagai Gerbang Wisata Danau Toba.

Indahnya Danau Toba dari Tongging

Indahnya Danau Toba dari Tongging

Tongging dan Pantai Silalahi juga menjanjikan keindahan lain dari Danau Toba, bahkan ada yang mengatakan tidak lengkap melihat Danau Toba bila belum ke Tongging dan melihat pemandangan indah Danau dari ketinggian diperjalanannya. Danau Toba sebenarnya tidak kalah dengan Bali, karena itu telah menjadi Obek Wisata andalan Nasional namun kurang begitu diperhatikan sehingga terkesan terlupakan padahal sangat indah dan memiliki potensi. Dari pada berwisata ke luar negeri mending melihat keindahan wisata yang ada didalam negeri.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. joogja circles26/01/2013 at 12:11Reply

    sudah lama tidak melihat iklan pariwisata danau toba, semoga kembali mengharumkan nama indonesia….

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.