badge

Gurita Usaha CT Si Anak Singkong

Chairul Tanjung si anak singkong
Chairul Tanjung si anak singkong

Chairul Tanjung si anak singkong

Siapa yang tidak kenal dengan si anak singkong yang satu ini, lahir dari keluarga yang pernah hidup lumayan namun tumbuh besar dalam keluarga yang sederhana. Ya siapa lagi kalau bukan Chairul Tanjung sianak singkong. Konglomerat nasional yang menjadi Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) ini memulai rintisan usahanya mulai dari bangku kuliah. Karena kusilitan yang dialaminya ketika dibangku kuliah akhirnya timbul keberanian dan mulai terasahnya kemampuannya dalam memulai bisnis. Berjualan buku kuliah hasil fotocopy, kaos dan sebagainya menjadi barang dagangannya di bangku kuliah. Lalu semakin lama berkembang dengan jiwa bisnis yang dimilikinya.

Chairul Tanjung bukan tidak pernah gagal dalam usahanya, toko peralatan laboratorium dan kedokteran yang dimilikinya pernah gagal dan mengalami kebangkrutan. Begitu juga ketika dia mencoba menjadi kontraktor tetapi kurang berhasil. Dokter Gigi ini tidak langsung putus asa dengan kegagalannya, karena dia langsung bangkit dan akhirnya mencapai kejayaannya saat ini. PT Pariarti Shindutama adalah perusahaan pertamanya yang memproduksi sepatu anak-anak untuk pasar ekspor. Setelah beliau keluar dari usaha patungannya tersebut bersama teman-temannya, usahanya semakin berkembang. CT sapaan akrabnya mengarahkan usahanya ke konglomerasi dengan tiga bisnis inti  yaitu keuangan, properti, dan multi media.

Chairul Tanjung dengan CT Corporation nya memiliki kekayaan 3,4 Milyar Dolar AS, masuk dalam jajaran 3 Besar Orang Terkaya di Indonesia, dan masuk urutan ke 395 orang terkaya di dunia versi Majalah Forbes. Kekayaan yang didapat dari hasil kerja keras dan kejelian dalam berbisnis ditopang dari beragam jenis usaha yang saat ini dimilikinya. Mulai dari bisnis perbankan, Bank Mega yang kini merangkak naik menjadi bank nasional kelas atas setelah dimanajemeni oleh CT. Ia juga merambah ke bisnis sekuritas, asuransi jiwa, dan asuransi kerugian. Pada sektor sekuritas, CT memiliki perusahaan real estate dan membangun Bandung Supermall pada 1999. CT juga memiliki usaha dibidang pertelevisian yaitu Trans Corp yang membawahi Trans TV dan Trans 7. PT Carrefour Indonesia juga saat ini sudah menjadi milik Chairul Tanjung setelah dia membeli sahamnya 40% senilai Rp 3 Triliun.

Dibidang Properti juga digelutinya yang saat ini bisa dinikmati Trans Studio Bandung, Trans Studio Makasar, Bandung Super Mall dan banyak lagi yang dimilikinya. Selain properti Saham maskapai penerbangan nasional yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia juga dimiliki oleh CT, yaitu saham Garuda Indonesia. Portal berita terbesar Nasional yaitu Detik.com juga sudah menjadi hak milik CT Corp menambah Gurita Kekayaan si anak singkong ini. wendy’s indonesia Restoran cepat saji yang cukup terkenal saat ini juga sudah bergabung dalam kerajaan CT Corp.

Sianak Singkong

Sianak Singkong

Unit Usaha dari CT Corp yang dimiliki oleh Chairul Tanjung sianak singkong ini sangat besar

Mega Corpora

Perbankan

PT Bank Mega Tbk (Bank Mega) dan PT Bank Syariah Mega Indonesia (Bank Mega Syariah)

Asuransi

PT Asuransi Jiwa Mega Life dan PT Asuransi Umum Mega

Pasar modal

PT Mega Capital Indonesia

Pembiayaan

PT Para Multifinance, PT Mega Auto Finance, PT Mega Central Finance

Trans Corp

Trans Corpora Media

PT Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV), PT Duta Visual Nusantara Tivi Tujuh (Trans7), PT Agranet Multicitra Siberkom (DetikCom)

PT Trans Lifestyle

PT Anta Express Tour & Travel Service Tbk, PT Trans Fashion (PT Trans Mahagaya {PT Mahagaya Perdana (Prada, Miu Miu, Tod’s, Aigner, Brioni, Celio, Hugo Boss, Francesco Biasia, Jimmy Choo, Canali, Mango)}

PT Trans F&B

PT Trans Coffee (The Coffee Bean & Tea Leaf), PT Trans Ice {PT Naryadelta Prarthana (Baskin Robbins)}

PT Metropolitan Retailmart (Metro department store), PT Trans Airways, PT Trans Rekan Media, PT Trans Entertainment

PT Trans Property

PT Batam Indah Investindo, PT Karya Data Mandiri, PT Mega Indah Propertindo, PT Para Bali Propertindo, PT Trans Studio {PT Trans Kalla Makassar (Trans Studio Resort Makassar), Trans Studio Resort Bandung}

PT Trans Retail

PT Trans Carrefour (Carrefour)

PT CT Global Resources

PT Para Inti Energy, PT Para Energy Investindo, PT CT Agro, PT Kaltim CT Agro, PT Kalbar CT Agro, PT Kalteng CT Agro, PT Arah Tumata, PT Wahana Kutai Kencana

Yang terbaru Chairul Tanjung juga baru melakukan pembelian 80% saham perusahaan televisi berbayar Telkom Vision, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulteng juga sudah menjadi bagian dari kerajaan CT Corp milik Chairul Tanjung.

Betapa besarnya saat ini kerajaan bisnis dari CT Corp, yang dimulai dari kegigihan, kerja keras dari seorang Chairul Tanjung. Menjadikan dia salah satu pengusaha pribumi yang sangat sukses. Masuk dalam jajaran orang terkaya di Indonesia diantara pengusaha keturunan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.