badge

Hayo Ini Kisi-Kisi Ujian CPNS 2013

CPNS 2013
CPNS 2013

CPNS 2013

Sebentar lagi lowongan Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 akan dibuka. Dipastikan akan banyak pelamar yang berebut untuk mendaftar, tidak hanya para pencari kerja tapi juga para pekerja yang telah memiliki pekerjaan namun ingin menjadi PNS. Apalagi tidak semua instansi kementrian ataupun daerah yang membuka lowongan CPNS 2013 ini, dikarenakan kelebihan jumlah pegawai dan anggaran pegawainya yang memakan APBD lebih 50%.

Buat para peminat CPNS 2013 ini sudah dapat mempersiapkan diri karena 60.000 lowongan CPNS akan dibuka oleh pemerintah. Mempersiapkan diri dengan matang akan memperbesar kemungkinan untuk memenangkan pertarungan nantinya. Persiapan yang harus disiapkan adalah pengetahuan kisi-kisi soal yang akan disajikan pada Ujian Penerimaan CPNS 2013 ini, karena Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) meminta seleksi  nantinya dilakukan dengan bersih, obyektif, transparan, kompetitif dan bebas dari KKN, serta tidak dipungut biaya.

Pemerintah telah memastikan CPNS 2013 harus lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Setelah peserta lulus TKD yang disusun oleh Panitia Pengadaan CPNS Nasional yang dibantu oleh tim ahli dari konsorsium perguruan tinggi baru ujian dilanjutkan ke Tes Kompetensi Bidang (TKB). Hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) nantinya akan diperiksa menggunakan Computer Assisted Test (CAT)

Untuk TKD, seperti tahun 2012, kisi-kisinya terdiri dari 3 kelompok.

  • Pertama, tes wawasan kebangsaan (TWK), yang dimaksudkan untuk menilai penguasaan pegetahuan dan kemampuan mngimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan Indonesia, meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. NKRI ini meliputi sistem tata Negara, baik pusat maupun daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Indoensia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.
  • Kedua, tes itelegensi umum (TIU), yang dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal, yakni kemampuan dalam menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis, kemampuan numeric, yakni kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
  • Ketiga, tes karakteristik pribadi (TKP), yang dimaksudkan untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan orang lain, kemampuan beradaptasi, mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, kemampuan bekerjasama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Untuk Tes Kompetensi Bidang (TKB) itu berbeda-beda karena ditetapkan oleh masing-masing instansi pembina jabatan fungsional. Jadi tidak bisa diseragamkan bentuk test yang akan diujikan nantinya. Peserta Ujian CPNS 2013 nantinya juga harus bersiap karena sistem perekrutan akan memakai sistem Passing Grade. Dengan sistem ini akan ada nilai minimum yang harus diperoleh agar bisa lulus. Bukan berarti jumlah pelamar hanya 3 yang dibutuhkan 12 lalu otomatis ketiganya akan lulus. Bila peserta memiliki nilai dibawah nilai minimal tidak akan lulus walaupun pesertanya kurang dari yang dibutuhkan.

Penyandang Cacar juga memiliki peluang untuk mencoba peruntungan karena dari 60.000 lowongan yang dibuka Pemerintah, 300 CPNS disiapkan untuk kuota penyandang cacat. Jadi bersiaplah untuk mengikuti ujian CPNS 2013 yang akan dilaksanakan secara nasional pada bulan agustus 2013.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.