badge

Persiapan untuk CPNS 2013 nih

CPNS 2013
CPNS 2013

CPNS 2013

Sebentar lagi penerimaan CPNS 2013 akan dibuka, per tanggal 1 – 28 September 2013 formasi dan pendaftaran CPNS 2013 akan diumumkan dan dibuka. Bagi yang berminat dengan informasi inii pasti akan berusaha mencari informasi untuk persiapan pendaftaran dan seleksi nantinya. Test yang akan dilakukan nantinya tidak semua menggunakan Computer Assisted Test (CAT) karena keterbatasan sarana dan prasarana sehingga tidak bisa mengakomodir sistem baru ini. Hanya Kementrian dan Lembaga Pemerintah Pusat yang menerapkan sistem CAT ini. Sementara untuk penerimaan CPNS 2013 di daerah masih menggunakan sistem lama Lembar Jawaban Komputer (LJK). Bagi yang tidak bisa mengoperasikan komputer, walau sangat dipertanyakan saat ini kok tidak bisa mengoperasikan komputer, jangan memaksakan diri karena mungkin akan mengalami kesulitan.

Agar persiapan nantinya lebih matang para peminat dapat mempersiapkan data-data yang dibutuhkan untuk mendaftar di CPNS 2013 nanti.Data-data yang harus disiapkan para pelamar CPNS 2013 nanti adalah  sebagai berikut :

  1. Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  2. Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.
  3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
  4. Berkas pasfoto digital warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 30 KB.
  5. Berkas fotokopi digital ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.
  6. Surat elektronik (Email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.
  7. Judul dan abstrak tugas akhir / tesis / disertasi.
  8. Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijasah dari Dikti – Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijasah.

Untuk yang mendaftar secara online diperingatkan oleh kementrian PAN agar melakukan registrasi lamaran melalui situs yang benar, mengisi formulir dengan benar dan lengkap. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas digital pendukung yang telah diunggah akan mengakibatkan ketidaklulusan pada tahap I (verifikasi administrasi). Kebenaran isian serta berkas digital yang diunggah akan dicek pada saat verifikasi fisik sebelum ujian tulis. Ketidaksesuaian data akan mengakibatkan peserta digugurkan dan tidak diperkenankan mengikuti ujian tulis.

Pelaksanaan tes CPNS dari pelamar umum dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) akan dimulai pada 29 September 2013. Sedangkan tes CPNS melalui sistem lembar jawaban komputer (LJK) untuk honorer katagori dua maupun pelamar umum akan digelar serentak pada 3 November 2013. Dalam CAT, peserta diwajibkan menyelesaikan 100 soal. Terdiri dari 35 soal tes wawasan kebangsaan (TWK), 30 soal tes intelegensia umum (TIU), dan 35 soal tes karakteristik pribadi (TKP). Untuk TWK dan TIU, kalau salah nilainya nol, kalau betul nilainya 5.

Panitia Seleksi Nasional pengadaan CPNS 2013 telah bekerjasama dengan Lembaga Sandi Negara yang membantu proses pengamanan sistem teknologinya. Jadi dari sistem teknologi tidak perlu diragukan lagi terutama yang memakai sistem CAT, karena hampir tidak ada campur tangan karena nilai bisa langsung dilihat. Sistem LJK yang masih menjadi tanda tanya karena masih terbuka kesempatan untuk memanipulasi hasil ujian. Namun semua telah dimulai dengan niat baik Pemerintah untuk memperbaiki sistem rekrutmen CPNS jadi buat yang berminat silahkan persiapkan diri dan bertempurlah secara fair.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.