Ni Info Formasi CPNS 2013 Yang Telah Buka

SELEKSI CPNS 2013
SELEKSI CPNS 2013

SELEKSI CPNS 2013

Perhelatan Akbar yang ditunggu banyak orang yaitu   seleksi CPNS tahun 2013 segera digelar. Per tanggal 2 September 2013, sejumlah instansi mulai mengumumkan lowongan CPNS. Sebanyak 339 instansi pemerintah, terdiri dari 69 kementerian/lembaga, 23 pemerintah provinsi, dan 237 kabupaten/kota, tahun ini menggelar seleksi CPNS dari jalur pelamar umum. Jalur ini, formasi ada 65 ribu, terbagi 40 ribu untuk pemerintah daerah dan 25 ribu untuk instansi pusat.

Selain dari jalur pelamar umum, pemerintah juga menggelar seleksi CPNS dari tenaga honorer kategori 2. Lebih dari 600 ribu tenaga honorer kategori 2 akan memperebutkan kursi CPNS melalui tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang pada tanggal 3 November 2013. Pada hari yang sama juga digelar TKD dengan sistem lembar jawaban komputer  (LJK) untuk memperebutkan kursi CPNS dari jalur pelamar umum. Tahun ini juga dilakukan seleksi CPNS untuk honorer K2.

Untuk TKD, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Seleksi CPNS menyiapkan tiga tipe/kelompok  soal tes, yakni tipe A (SLTP, SD), tipe B (SLTA, D1, D2 – D3/sarjana muda), dan tipe C, yakni untuk jenjang pendidikan D4, S1, S2, dan S3. Penyusunan soal TKD dilakukan Panselnas dibantu oleh konsorsium perguruan tinggi negeri (PTN). Sedangkan soal TKB, disusun oleh instansi pembina masing-masing. Untuk bidang kependidikan oleh Kemendikbud, untuk kesehatan oleh Kemenkes, bidang administrasi umum oleh BKN, dan seterusnya. Penentuan kelulusan tenaga honorer kategori 2 berdasarkan nilai ambang batas (passing grade) yang ditetapkan oleh Menteri PANRB dan akan diumumkan oleh Menteri PANRB.

Berikut Kementrian dan instansi yang telah membuka formasi CPNS 2013 yang bisa dilihat langsung dan didownload melalui websitenya. Bagi yang berminat silahkan klik link yang tersedia nanti akan diarahkan ke situs resminya, walaupun ada juga yang langsung menyediakan file pdf yang berisi formasi CPNS 2013. Berikut Listnya (akan terus di update):

  1. Kementerian Keuangan
  2. Kementerian Perdagangan
  3. Kementerian Luar Negeri
  4. Kementerian Perhubungan
  5. Kementerian Sosial
  6. Badan Informasi Geospasial (BIG)
  7. Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah
  8. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
  9. Pemprov DKI Jakarta
  10. Pemprov DI Jogjakarta
  11. Kementrian Pertahanan
  12. Kejaksaaan Republik Indonesia
  13. Badan Pemeriksa Keuangan
  14. Kementrian PAN dan RB 
  15. Badan Pertanahan Nasional

Ada juga Kementrian dan Daerah yang melaksanakan Pengumuman dan Pendaftaran CPNS 2013 secara terpusat, yang berpusat di website milik BKN. Berikut list kementrian dan daerah yang telah mengikuti pengumuman dan pendaftaran CPNS 2013 secara terpusat :

  1. Kementrian Koperasi dan UKM
  2. Kementrian Sekretaris Negara
  3. Sekjen DPR
  4. BKN
  5. Badan Pengawas Keungan dan Pembangunan
  6. Badan Standarisasi Nasional
  7. Sekretaris Kabinet
  8. Badan Nasional Penanggulangan Bencana
  9. BNP2TKI
  10. BASARNAS
  11. PPATK
  12. Pemrov SUMATERA BARAT
  13. Pemko Sawah Lunto
  14. Pemkab Musi Rawas
  15. Pemko Depok
  16. Pemko Tangsel
  17. Pemko Banjarmasin
  18. Pemrov NTB
  19. Pemkab Sumbawa Barat
  20. Pemkab Lombok Utara
  21. Pemprov NTT
  22. Pemprov Maluku
  23. Pemkab Maluku Tenggara
  24. Pemkab Kep.Anambas
  25. Pemprov SULAWESI BARAT

Bagi yang mencari informasi Formasi CPNS 2013 di Kementrian dan Daerah tersebut bisa langsung mengunjungi websitenya yang telah resmi diluncurkan oleh BKN per tanggal 3 September 2013. SILAHKAN KLIK untuk menuju situs resminya, pilih Pilih Instansi (K/L/D/I) lalu klik lihat pengumuman instansi, nantinya langsung tersedia file download formasinya. Nantinya website resmi ini akan mengumumkan Formasi CPNS 2013 yang telah dibuka oleh Kementrian dan Daerah tersebut dan bisa langsung mendaftar di situs tersebut juga.

Belum semua kementrian dan lembaga serta daerah yang membuka formasi CPNS 2013 ini, apalagi untuk sebagian daerah dilematis dengan jumlah formasi yang tersedia karena sangat sedikit, sementara peminatnya pasti membludak.




Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. andri05/09/2013 at 14:44Reply

    thanks infonya brother

Leave a Reply


2 − = one