badge

Setiap Penduduk Indonesia Memiliki Hutang Rp 10.409.072

Utang Indonesia

Gerak Pembangunan Negara Indonesia tidak lepas dari Utang. Memang bukan hanya Indonesia yang memiliki hutang, seperti negera kebanyakan bahkan negara se adidaya Amerika Serikat masih memiliki Utang yang sangat besar.

Utang Indonesia

Utang Indonesia

Bank Indonesia (BI) mencatat Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia sampai Agustus 2013 sebesar US$ 257,30 miliar atau mencapai Rp 2.570 triliun. Utang yang menggunung ini memang turun tipis 0,9% jika dibandingkan posisi Juli 2013 sebesar US$ 259,61 miliar atau Rp 2.590 triliun. Namun pertumbuhan tahunan ULN pada Agustus 2013 tercatat mengalami pertumbuhan 6,6% (yoy). Jumlah hutang ini memang masih lebih  kecil dibandingkan dengan PDB Indonesia yang sebesar Rp 8.241,9 triliun, maka rasio utang Indonesia hingga akhir Maret 2013 sebesar 24%.

Namun kita sebagai rakyat kecil melihat jumlah itu sungguh sangat besar, kemana saja duit itu ya. Karena akibat hutang tersebut Bangsa Indonesia berkewajiban membayar bunga hutang. Bunga utang tersebut bukan duit kecil tapi sangat besar yang bisa dipergunakan untuk kesejahteraan rakyat. Sampai Bulan Juni 2013 Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan uang sebanya Rp 52,618 triliun hanya untuk membayar bunga pinjaman.

Tidak tau entah sampai kapan Negara ini lepas dari Utang, apakah memang sudah ketergantungan dengan utang. Dengan utang sebesar  Rp 2.570 triliun apabila dibagikan rata dengan jumlah penduduk  246.900.000 (Data bank Dunia Tahun 2012) maka didapat setiap penduduk Indonesia memiliki utang sebesar  Rp 10.409.072.

Dengan keadaan seperti tersebut di atas tidak ada penduduk Indonesia yang lepas dari utang yang dipikul akibat negara yang berutang. Mungkin perlu bantuan setiap masyarakat terutama yang mampu untuk menyumbang duit sebesar utang masing-masing sehingga negara ini mampu untuk melunasi utangnya dan lepas dari ketergantungan utang. Sehingga bunga utang yang dibayarkan yang dalam setahun mencapai ratusan triliun tersebut bisa digunakan untuk mensejahterakan Bangsa Indonesia, membangun infrastruktur dan memajukan bangsa ini. namun apakah gerakan tersebut mungkin?

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.