badge

Hore CPNS 2014 setelah Pilpres

ujian cpns 2014
ujian cpns 2014

ujian cpns 2014

Jejariku.com – Berita gembira buat yang tahun lalu tidak beruntung  bisa kembali mencoba tahun ini, begitu juga buat yang sangat mengimpikan pekerjaan sebagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Karena tahun 2014 ini Pemerintah membuka lowongan CPNS sebanyak 65.000 CPNS dan 35.000 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Total formasi yang mencapai 100.000 lowongan ini tersebar untuk pemerintah pusat maupun daerah.

Namun karena masih banyak pemda yang disibukkan pelengkapan dokumen perekrutan CPNS 2013 sehingga belum banyak pemda yang mengajukan kebutuhan formasi CPNS 2014 untuk daerahnya. Sejumlah daerah bahkan ada yang menolak perekrutan formasi CPNS 2014 dari kategori umum. Para Kepala Daerah yang menolak perekrutan dari kategori umum dikarenakan banyaknya tenaga honorer kategor 2 (K2) yang tidak lulus CPNS. Sehingga banyak kepala daerah tersebut takut didemo honorer yang tidak lulus. Suatu hal yang tidak masuk akal dan betapa kurang tegasnya para kepala daerah dan mereka takut bukan karena akan didemo tapi takut akan jabatan mereka karena akan masih memiliki keentingan untuk dipilih kedepannya.

Lowongan CPNS ini akan dibuka diperkirakan setelah perhelatan Pemilihan Preseiden pada bulan Juli nanti. Lowongan CPNS 2014 akan difokuskan untuk merekrut tenaga kerja khusus dan pelayanan seperti guru dan juga tenaga kesehatan. Untuk tenaga administrasi diperkirakan akan sangat sedikit karena tenaga administrasi telah banyak. Jumlah lowongan yang dibuka sangat besar sehingga peluang untuk menang juga akan lebih besar. Namun perlu kita ingat tidak semua pemda yang melakukan perekrutan CPNS 2014. Karena dengan implementasi Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN)  usia pensiun Aparatur Sipil Negara bertambah menjadi 58 tahun, sehingga tidak adanya pegawai yang memasuki usia pensiun menjadikan lowongan CPNS juga tidak tersedia karena penerimaan CPNS 2014 diperuntukkan juga untuk menggantikan pegawai yang pensiun.Untuk pemkab yang memiliki anggaran belanja pegawai lebih dari separuh dari APBD tidak bisa melakukan penerimaan CPNS 2014. Karena syarat Pemerintah Daerah agar bisa melakukan perekrutan CPNS adalah belanja pegawai harus dibawah 50% dari APBD nya.

Buat yang ingin mendaftar dan mengikuti CPNS 2014 sudah bisa mempersiapkan diri. Baik secara mental, pengetahuan dasar kompetensi maupun teknologi. Penerimaan CPNS 2014 dimungkinkan akan dominan menggunakan sistem komputer dengan Computer Assisted Test (CAT). Penggunaan Lembar Jawaban Komputer (LJK) mungkin akan tidak ada atau hanya sebagian pemda dan instansi yang menggunakannya. Jadi silahkan mempersiapkan diri anda karena masih ada waktu.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

2 Responses

  1. Dea24/04/2014 at 08:38Reply

    Terimakasih Infonya ya

    • Author

      As24/04/2014 at 14:19Reply

      sama-sama brother mari berbagi informasi terus

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.