badge

Ledakan Gunung Berapi Terdahsyat di Indonesia

gunung tambora
gunung tambora

gunung tambora

Jejariku.com – Di Indonesia salah satu penyebab bencana yang sering terjadi adalah Letusan Gunung Berapi. Letak geologis Indonesia yang berada pada Zona Subduksi antara lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia menjadikan di Indonesia banyak terbentuk gunung api. Pertemuan 2 rangkaian gunung berapi aktif (Ring of Fire) yaitu pegunungan Mediterania di sebelah barat dan Pegunungan Sirkum Pasifik di sebelah timur yang melintasi Indonesia membuat banyak gunung api di Indonesia.

Cerita Bencana Gunung Berapi bukan baru ini saja terjadi di Indonesia, namun puluhan ribu tahun lalu Gunung Berapi telah pernah meluluhlantakkan peradaban Nusantara. Bencana tersebut adalah letusan Gunung Toba, yang terjadi 74.000 tahun lalu. Letusannya menyebabkan kemusnahan populasi manusia dalam jumlah besar, karena diyakini efek Letusan gunung toba bisa dirasakan separuh dunia, abunya menutupi matahari sampai 6 tahun, serta memicu terjadinya zaman es dan mempengaruhi cuaca bumi. Bisa dibayangkan efeknya yang sangat mematikan tersebut. Hasil dari Letusan gunung toba ini bisa kita saksikan berupa danau yang kita kenal dengan Danau Toba, danau terbesar di Indonesia. Kedahsyatan letusan gunung toba ini bisa kita liat dan kagumi dari sebuah danah terbesar yang ada sat ini yaitu danau toba yang menyembunyikan kengerian dibalik keindahannya.

Letusan gunung toba terjadi pada masa prasejarah di Indonesia, sementara setelah masa itu letusan gunung api masih terus terjadi di Indonesia.

Selain Gunung Toba masih ada Gunung Api di Indonesia yang menakutkan yang letusannya meluluhlantakkan peradaban, mengakibatkan korban ribuan jiwa. Gunung terbesit adalah Gunung Tambora yang berada di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat. Letusan Gunung Tambora ini sangat dahsyat. Diperkirakan tahun 3910 SM ± 200 tahun, 3050 SM dan 740 ± 150 tahun gunung tambora pernah meletus namun tidak diketahui efek dahsyat dari letusannya. Baru pada letusan Gunung Tambora Tahun 1815 terekad letusan dahsyatnya. Suara letusan Gunung Tambora terdengar sampai ke Makasar, Sulawesi yang memiliki jarak 380 km. Sampai juga ke Batavia yang saat ini telah berubah menjadi Jakarta yang memiliki jarak 1.260 km, ke Ternate, Maluku yang berjarak 1.400 km dari Gunung Tambora. Bahkan suara gemuruh letusannya terdengar sampai ke Sumatera yang berajarak 2.600 km, bayangkan betapa kuat dan dahsyanya letusan Gunung Tambora ini. selain abu vulkanik, batu berukuran 20 cm juga berjatuhan hasil dari letusan Gunung Tambora ini. diikuti lava pijar yang menerjang ke segala arah membakar dan meluluhlantakkan segala yang melintasi alirannya. Efek dari letusan Gunung Tambora menyebabkan Tsunami menerjang Pantai di Jawa Timur dan Maluku. Kegelapan menerpa daerah sejauh 600 km dari puncak gunung selama lebih dari 2 hari, dan abunya terasa jatuh sejauh 1.300 km . Letusannya yang mencapai level 7 pada skala Volcanic Exploxivity Index merenggut nyawa 71.000 nyawa baik akibat letusan langsung maupun efek setelah letusan. Letusan Gunung Tambiora menyebabkan Perubahan iklim dunia, debu letusannya menyebabkan gagal panen dan kematian ternak dimana-mana, sehingga terjadi kelaparan dimana-mana. Karena dahsyatnya letusan Gunung Tambora ini sehingga wilayah subur dan kaya yang hancur akibat letusannya dikenal sebagai Pompeii dari timur, dimana kota Pompeii juga hancur akibat letusan Gunung Vesuvius yang dahsyatnya bisa kita lihat di Film Pompeii

Selain itu terdapat juga Gunung Krakatau sebagai Gunung Berapi yang letusannya sangat dashyat yang efeknya terasa ke penjuru dunia. Gunung Krakatau berada di Selat Sunda antara Pulau Jawa dan Sumatera. Gunung ini tercatat pernah meletus dengan dahsyatnya pada 26-27 agustus 1883. Letusannya menyebabkan awan panas dan Tsunami terdahsyat di kawasan Samudera Hindia yang baru dikalahkan oleh Tsunami Gempa Aceh di tahin 2004. Letusan Gunung Krakatau terdengar sampai Alice Springs di Australiadan Pulau Rodrigues di Afrika. Bayangkan jauhnya jarak dari titik letusan yang mencapai 4.653 km bisa terdengar suara letusan Gunung Krakatau, sangat dahsyat memang. Letusan Krakatau ini menyebabkan perubahan iklim secara global,  kegelapan selama dua setengah hari karena debu yang menutupi atmosfer. Bukan hanya itu, bahkan matahari bersinar redup selama setahun akibat abu letusan Gunung Krakatau ini. Tidak hanya di Indonesia, debu letusannya juga terbang sampai ke Norwegia di Eropa dan New York di Amerika. Letusan Gunung Krakatau ini dinyatakan sebagai letusan Gunung terbesar di zaman modren.

Letusan Gunung ini menewaskan 36.417, yang meninggal karena awan panas dari letusan Gunung dan Tsunami yang menerjang ratusan pemukiman. Bayangkan Tsunami merengsek masuk sejauh 15 km dari bibir pantai meluluhlantakkan apapun yang ada di depannya. Bahkan Tsunaminya merembes sampai ke Amerika Tengah dan Semenanjung Arab yang jaraknya 7.000 km.

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.