badge

Sensai Lezat Mi Gomak Spaghetinya Orang Batak

mi gomak
mi gomak

mi gomak

Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing, termasuk makanan khas yang hampir dimiliki semua daerah. Di sumatera Utara tepatnya daerah Tapanuli memiliki makanan khas yang lezat dan nikmat. Makanan itu adalah Mi Gomak. Makanan khas ini dapat kita temukan di daerah Batak Toba seperti Tapanuli dan Sibolga. Kita bisa menjumpainya di warung, kedai dan pasar atau sekitar tempat wisata di Tapanuli. Mi gomak ini terkenal sebagai Spaghetin  batak, yang pasti beda dengan spagheti italia.

Mi gomak berasal dari  mi yang bentuknya panjang besar seperti lidi makanya sering juga bahan mi ini disebut dengan mi lidi dan berwarna kuning. Mi lidi ini harus direbus dalam air mendidih sampai lembut lalu ditiriskan dan dicuci dalam air bersih untuk menghilangkan rasa asin pada mi nya.

Mengapa disebut dengan Mi Gomak ? yang dalam bahasa batak berarti Mi yang  diambil langsung memakai tangan penjual, jangan khawatir soal kebersihannya karena penjualnya sudah menyuci tangan sebelumnya. Namun saat ini sudah banyak penjualnya yang memakai sendok atau sarung tangan ketika menyajikan hidangan mi ini. Walaupun sebagian sudah memakai sendok atau sarung tangan, nama dari hidangan mi ini tidak berubah tetap dikenal dengan mi gomak si spaghetinya orang batak.

Pilihan kuah dari mi ini ada dua pilihan yaitu dengan kuah santan atau kuah kacang. Untuk kuah santan ini biasanya ditemani dengan sayur jipang atau dikenal juga dengan labu siam, sayur kol ataupun sayur nangka muda, kacang panjang  dan bumbu yang teracik dalam kuah mi gomak yang lezat. Sedangkan untuk kuah kacang hampir mirip dengan kuah kacang untuk gado gado. Biasanya yang banyak dicari dan dijual hanya mi gomak dengan kuah santan. Selain mi gomak berkuah terkadang kita juga bisa menemukan mi gomak goreng, namun luamyan susah untuk mencarinya.

Penyajian mi gomak baik yang kuah santan, kuah kacang atau mi gomak goreng selalu ditaburi kerupuk pecal yang memiliki ciri khas berwarna merah putih dan tidak lupa ditemani sebutir telur rebus disetiap piring mi gomaknya.  Jadi bila berwisata ke daerah Danau Toba jangan lupa untuk berwisata kuliner mi gomak yang lezat dan menggiurkan, yang mengenyangkan perut lapar dan memberi rasa hangat perut karena bumbunya terdapat bumbu khas orang batak yang banyak ditemukan disetiap masakan orang batak yaitu ittir-ittir alias andaliman.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.