badge

Teknologi Baru Jalan Bisa Menyala

jalan menyala

Memang inovasi itu tidak pernah berhenti, hal ini dibuktikan oleh Daan Roosegaarde seorang seniman interaktif dari Belanda. Bekerja sama dengan perusahaan teknik sipi Belanda Heijmans, mereka menghasilkan sebuah inovasi perwujudan dari gagasan ide yang begitu brilian.

Teknologi yang dihasilkan dari ide mereka ini adalah berupa cat markah jalan yang bisa menyala ketika cuaca gelap ataupun di malam hari. Cat markah jalan itu mengandung bubuk yang akan menyala perlahan-lahan mengeluarkan sinar hijau di m

jalan menyala

jalan menyala

alam hari setelah menyerap cahaya siang hari. Kemampuan cahaya yang dihasilkan bisa hingga delapan jam dan dapat menggantikan fungsi dari lampu jalan memberikan penerangan yang diperlukan.

Teknologi jalan menyala saat gelap ini adalah yang pertama di dunia, dan akan segera dapat dilihat mulai April 2014 sekitar 100 km di sebelah tenggara Amsterdam Negeri Belanda. Teknologi inovasi ini merupakan green teknologi, karena bisa menghemat energi karena menggantikan fungsi lampu jalan. Bayangkan disaat ini saja biaya untuk menghasilkan energi saja sudah mahal apalagi 50 tahun kedepan. Berapa besar energi yang dihemat yang otomatis juga menghemat dana yang sangat besar yang bisa dialihkan untuk kesejahteraan umat manusia. Kedepan teknologi ini akan menggantikan fungsi lampu jalan, karena lampu jalan akan dipadamkan untuk menghemat biaya.

Proyek ini adalah untuk keselamatan di jalan dan menciptakan dunia yang lebih mandiri dan interaktif, alternatif yang dapat dipakai secara berkesinambungan di mana fasilitas lampu konvensional tidak tersedia. Sehingga sangat cocok digunakan di Indonesia, dimana penerangan jalan masih sangat minim menimbulkan tingkat kriminalitas tinggi sehingga hal tersebut dapat terminimalisir. Mari kita menunggu kapan Indonesia akan mengadopsi dan menerapkan teknologi ini.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.