badge

Geliat Industri Persenjataan Indonesia

kapal motor cepat komando
kapal motor cepat komando

kapal motor cepat komando

Indonesia pernah mengalami masa sulit dalam memenuhi kebutuhan persenjataan untuk angkatan perangnya. Karena masalah yang namanya pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM), Indonesia di embargo oleh negara-negara barat. Sehingga Indonesia tidak diperkenankan dan tidak bisa membeli senjata bahkan kebutuhan onderdil persenjataannya. Hal ini menyebabkan persenjataan angkatan perang Indonesia ketinggalan zaman, tua dan tidak bisa dimanfaatkan. Akibatnya Indonesia seperti dilecehkan Internasional karena telah mengetahui kemampuan angkatan perangnya. Kesulitan memperoleh akses persenjataan yang berteknologi tinggi menuntut Indonesia untuk lebih kreatif untuk memenuhi kebutuhan persenjataan angkatan perangnya. Dan hal ini mulai terjawab, saat ini hanya menunggu kemamuan dari negara untuk mendukung pembiayaan, riset dan pemakaian produksi persenjataan buatan dalam negeri.

bj habibi

bj habibi

Dulu kita sempat dikagumi dan ditakuti oleh negara asing karena kemampuan anak negeri dalam memproduksi Pesawat dimasa kejayaan BJ.Habibi dengan Perusahaan IPTN yang sekarang berganti nama menjadi PT. Dirgantara Indonesia (PT. DI) . Industri pesawat itu sempat bangkrut, namun saat ini mulai bangkit kembali dengan produk berbagai varian pesawat. Dan mulai melanjutkan produksi pesawat varian baru N-219 . Selain PT.Dirgantara Indonesia yang memproduksi pesawat, datang lagi pendatang baru pemain lama dalam industri pesawat dalam negeri, BJ. Habibi menelurkan Proyek Regio Prop 80. Proyek Regio Prop saat ini juga sedang dijalankan oleh BJ Habibie Teknokrat Indonesia yang diakui oleh dunia sebagai pakar dalam teknologi penerbangan. Bersama anaknya Ilham Habibie mereka sedang mempersiapkan Pesawat R80, The Next N-250 . Peawat ini nantinya akan menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia penerus dari N-250 Gatotkaca. Moga nantinya tidak ada campur tangan asing lagi seperti krisis moneter  tahun 1998 dimana IPTN harus dikorbankan karena intervensi asing. Semoga Pemerintah tidak takut dengan asing.

panser anoa

panser anoa

Selain dari industri pesawat Indonesia yang sudah maju, Indonesia juga saat ini memiliki  industri persenjataan yang sudah maju dan dikenal dengan kualitasnya. PT. Pindad saat ini adalah pemain utama dalam industri persenjataan di Indonesia. Persenjataan yang dihasilkan telah diakui kemampuannya oleh banyak negara. Bahkan Panser Anoa salah satu varian panser hasil produksi anak negeri memiliki peminat yang banyak. Panser anoa memiliki teknologi terkini dan harga yang lebih murah dibanding yang lain. Begitu juga dengan Senapan Serbu yang saat ini sudah produksi versi kedua yaitu senapan serbu SS2, sudah dikenal memiliki tingkat akurasi yang sangat bagus, dan menjadi juara dalam lomba menembak tingkat asi pasifik. Bahkan untuk varian senjata penembak jitu, PT Pindad mengalami kewalahan untuk memenuhi permintaannya. Masih banyak jenis persenjataan yang dihasilkan oleh PT.Pindad, termasuk kedepannya akan memproduksi Tank kelas medium.

Kapal motor cepat (KMC) Komando

Kapal motor cepat (KMC) Komando

TNI Angkatan Darat juga tidak ketinggalan untuk memenuhi kebutuhan persenjataan yang berteknologi terkini. Divisi penelitian dan pengembangan TNI Angkatan Darat sedang mengembangkan  senapan mesin enam laras yang berbobot 90 kg, laras sepanjang 962,5 mm berjumlah enam buah yang memiliki kemampuan memuntahkan dua ribu butir peluru sekali tembak dalam satu menit. senjata mesin multilaras (SMML) kal 7,62 mm, begitu sebutan sang senapan gahar ini. Direktorat Perbengkalan Angkutan (Ditbekang) TNI AD dan tim ahli Institut Teknologi Surabaya (ITS) mengembangkan Kapal Motor Cepat (KMC) Komando. Bekerjasama dengan PT Tesco Indomaritim KMC Komando dibuat dengan kemampuan yang mumpuni. Kecepatan maksimum KMC Komando mencapai 35 knot, daya angkut 31 penumpang dan 3 ABK. Dilengkapi dengan Sistem Senjata Mesin Berat (SMB) 12,7 mm. Senjata ini mampu menembak sampai jarak enam kilometer. Persenjataan tersebut dibekali sistem tracking and locking target. Sistem tersebut mengatur penggunaan senjata secara otomatis yang dikendalikan oleh seorang penembak dari dalam ruang kemudi.

Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR)

Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR)

Kapal Siluman PT Lundin

Kapal Siluman PT Lundin

Ditahun 2013 dunia sempat tercengang ketika Indonesia mengujicoba Kapal Perang bertipe siluman. PT. Lundin Banyuwangi melalui produksi yang rahasia membuat kapal siluman tercanggih se-asia tenggara untuk TNI AL Indonesia. Kapal itu bernama KRI Klewang, kapal siluman yang memiliki anti deteksi radar. Karena kemampuannya yang hebat membuat banyak negara kuatir dengan kemampuannya ini. ketika pengujicobaan memang KRI Klewang pertama mengalami kebakaran, namun saat ini masih berlanjut produksi generasi selanjutnya. KRI Siluman ini nantinya menjadi salah satu produksi alutista produksi dalam negeri yang sangat membanggakan. Bukan hanya PT. Lundin, PT PAL Indonesia saat ini juga mulai membuat kapal siluman canggih untuk kebutuhan dalam negeri. Kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) itu nantinya masuk dalam kelas Frigate, kapal ini merupakan hasil kerjasama dengan DSNS Belanda. Jadi Kapal PKR ini tidak murni produksi anak negeri, namun alih teknologi dari perusahaan luar. Tapi kedepannya PT. PAL Indonesia akan memiliki kemampuan untuk produksi mandiri.

Begitu pesatnya kemajuan industri persenjataan dalam negeri saat ini, tinggal menunggu kemauan Pemerintah Indonesia untuk mendukung produksi dalam negeri ini. mendukung dalam riset, produksi, pemakaian dalam negeri dan bila perlu pemasaran ke luar negeri. Kemampuan persenjataan dalam negeri sudah diakui oleh luar negeri, tinggal menunggu dukungan dari pemerintah agat tidak terulang lagi kita diembargo dan semakin dilecehkan oleh asing.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.