badge

Mi So Sajian Mi Kuah Lezat Khas Sumatera Utara

Mi So
Mi So

Mi So

Mi Sop atau kadang diucap hanya Mi So, jenis makanan khas dari Sumatera Utara. Mi so gampang kita jumpai penjualnya sampai ke pelosok di Sumatera Utara. Makanan khas Sumatera Utara ini tidak sama dengan Mi So  dari Jepang. Mi So Jepang adalah bahan makanan hasil fermentasi rebusan kedelai, beras dan garam yang banyak kita jumpai dijadikan bumbu berbagai jenis makanan Jepang. Sementara Mi So/ Mi Sop dari Sumatera Utara ini adalah makan berupa Mi yang dikasi kuah sop nikmat.

Makanan asal Sumatera Utara dikenal dengan ciri khas penggunaan bumbu rempah yang berani. Masakan – masakan asal Sumatera Utara gampang kita kenali dengan aroma dan rasa rempah yang kuat, contohnya NA NIARSIK. Begitu juga Mi Sop dibuat dengan bumbu yang khas sehingga beraroma wangi dan berasa nikmat. Kuah mi so dibuat dari Bawang Putih, Bawang Merah, Kemiri, Jahe, Kunyit, palaga, daun salam, kulit manis, merica, kaldu, penyedap masakan, kaldu ayam atau sapi lalu lemak lembu/sapi atau ayam. Kuah kaldu yang mendidih harum dan sedap dituang kedalam mangkuk yang berisi mi, lalu ditaburi dengan kacang goreng, bawang goreng, irisan daging ayam, daun seledri, dan kerupuk pecal yang memiliki warna abadi merah putih. Kerupuk Pecal ini sering kita jumpai dimasakan orang medan.

mi sop 2Setelah sajian Mi Sop dihidang, tergantung kita hendak dikasi Saus Sambal yang banyak, Kecap atau Sambal Giling sesuai selera kita. Pilihan Mi yang digunakan untuk Mi Sop ini terkadang hanya mi putih alias mi hun atau mi kuning atau paduan keduanya. Terkadang juga bisa kita pesan mi instan kuah mi so, tapi jangan heran di Sumatera Utara mi instan identik dengan satu merek populer yaitu indomie. Jadi memesannya cukup memesan indomie kuah mi sop, walaupun terkadang bukan merek itu yang disajikan.

Sajian mi so alias mi sop ini sangat cocok disantap ketika suasana mendung atau sore hari sampai ke malam hari. Karena cuaca yang mulai sejuk cocok dihangatkan dengan kuah mi sop yang harum, lejat, nikmat dan hangat. Ditambah lagi sangat gampang untuk menemukan penjual yang menjual mi sop sampai pelosok sumatera utara. Jadi gak ada salahnya bila berkunjung ke Sumatera Utara untuk berburu makanan khas Sumatera Utara, karena selain NA NIARSIK dan MI GOMAK, mi sop ini juga salah satu makanan yang sangat familiar buat orang Sumatera Utara.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.