badge

Lika Liku Menjadi PNS

Korps Pegawai Negeri Sipil
Korps Pegawai Negeri Sipil

Korps Pegawai Negeri Sipil

PNS adalah pekerjaan yang banyak diburu oleh para pencari kerja, sama seperti tahun ini Pemerintah membuka Lowongan CPNS 2014. Dengan formasi sebanyak 100.000 kursi memberi harapan yang tinggi buat para pencari informasi CPNS 2014. Entah apa yang menjadi daya tarik PNS sehinga sangat diminati.

Padahal sering kita lihat masyarakat pada menghujat kinerja aparatur negara yang katanya tidak becus bekerja. Pekerjaan yang berbau pemerintahan selalu tidak sempurna asal jadi. Contohnya proyek proyek pemerintah yang bila dibandingkan dengan pekerjaan milik swasta jauh lebih berkualitas. Itulah selalu yang dikatakan masyarakat. PNS cuma taunya duit kinerja tidak ada, berurusan dengan birokrasi pasti lambat dan berujung dengan duit. Itu juga selalu yang diributkan masyarakat.

Kasihan memang PNS karena tidak semua mereka seperti itu, tidak semua yang tidak tau kerja dan tidak punya kinerja. Namun terkadang situasi dan kondisi yang memaksa memang harus bisa menyesuaikan diri. Setiap ada kasus korupsi pasti PNS kena imbas karena sering tersangkut, kena caci dan dilecehkan. Kita sering melihat komentar caci maki di media internet akan kinerja dan kualitas dari PNS, itu semua seperti angin lalu kalau sistem rekrutmennya masih mengadopsi kemampuan finansial dan koneksi bukan kemampuan dan ilmu yang dimiliki.

Begitu banyaknya orang yang melecehkan dan mencaci kinerja PNS, tapi begitu banyaknya pula orang-orang yang berminat untuk menjadi PNS. Hal itu dibuktikan dengan besarnya peminat yang mendaftar ketika formasi CPNS diumumkan. Bahkan banyak orang yang sampai mengeluarkan uang yang sangat besar mencapai ratusan juta rupiah hanya untuk mendapatkan bangku dan diterima menjadi CPNS. Masyarakat sudah menjadikan pekerjaan sebagai PNS sebagai pekerjaan yang bermartabat, menaikkan gengsi pribadi maupun keluarganya. Sehingga berusaha keras untuk menjadi PNS.

Setelah menjadi PNS baru dilihat dan dirasakan keadaan didalam, keadaan yang mungkin bagi orang yang idealis akan sangat sulit untuk bertahan. Banyak orang yang beralih menjadi realistis, terikut situasi dan kondisi. Karena memang kemampuan dan kepintaran itu tidak menjadi perhitungan yang utama dalam memperoleh suatu jabatan. Karena jabatan hanya akan diperoleh oleh orang orang yang memiliki duit dan konektivitas.

Itulah lika liku PNS yang banyak dicaci dan dimaki namun juga banyak dicari dan dibanggakan. Reformasi birokrasi adalah harapan semoga sistem rekrutmen bisa dibenahi, agar terjadi perubahan sistem kerja dan kualitas PNS semakin meningkat.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. srimuliani handoyokusumo08/07/2014 at 15:18Reply

    (Srimuliani Handoyokusumo; LULUS PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.