badge

Nama Tidak Mencerminkan Asal Daerahnya

bika ambon
bika ambon

bika ambon

Jejariku.com – Kita pasti sering tidak tau dan tidak peduli dengan nama dari sesuatu yang kitabeli atau kita makan, baik itu makanan atau buah-buahan. Padahal kalau kita teliti sedikit akan menjadi pertanyaan bagi kita tentang penamaan dari makanan atau buah-buahan itu. Karena biasanya nama dari makanan dan buah-buahan itu mencerminkan asal dari makanan dan buah-buahan itu. Misalnya Soto Medan, Soto Makasar itu memang makanan khas daerah itu. Namun bagaimana dengan makanan dan buah-buahan yang memakai nama daerah namun bukan asalnya dari daerah tersebut.

Bika Ambon, kue yang rasanya enak, manis legit, tekstur lembut dan berlubang-lubang ditengah seperti sarang lebah. Banyak diburu dan dijadikan oleh-oleh bagi yang bepergian ke daerah Medan Sumatera Utara. Yups betul entah kenapa kue yang satu ini dinamakan Bika Ambon, padahal bukan berasal dari ambon. Bika Ambon adalah makanan khas daerah Medan, Sumaera Utara. Kalau orang bertanya mungkin akan sulit mencari jawabannya mengapa kue ini dinamakan bika ambon.

martabak mesir

martabak mesir

Martabak Mesir, jenis martabak ini memiliki rasa yang beda dengan martabak lainnya. Karena martabak mesir memiliki kulit yang garing dan renyah hasil dari proses penggorengan untuk membuat martabak mesir. Martabak Mesir memiliki rasa yang enak, gurih dan harum karena campuran daging giling, telur, penyedap rasa dan daun bawang serta bawang bombay. Tapi entah mengapa jenis makanan yang satu ini dinamakan Martabak Mesir, padahal daerah asal makanan ini gak bisa dipastikan dari Mesir, atau mungkin di Mesir bukan ini namanya. Namun kita telah mengenal makanan ini dengan namanya Martabak Mesir.

jeruk bali

jeruk bali

Jeruk Bali memiliki ukuran yang sangat besar, ukurannya di atas rata-rata ukuran buah jeruk. Berkulit tebal, yang zaman dulu kulitnya sering dijadikan mainan mobil-mobilan dari kulit jeruk. Namun karena kemajuan teknologi saat ini jenis mainan ini sudah jarang kita temukan. Kembali ke buah Jeruk Bali, ukuran buah jeruk bali memiliki diameter 15 – 25 cm dan berat 1-2 kg. Kulit berwarna hijau kekuningan, daging buah jeruk dilapisi kulit ari yang sanga tebal, bulir-bulir jeruk bali berwarna putih kemerahan atau merah oranye. Jeruk Bali yang bedaging putih cenderung terasa pahit manis, sementara berdaging merah terasa asam manis. Tapi taukah kita walaupun jeruk ini dinamakan jeruk bali, asalnya bukan dari daerah bali. Entah mengapa jeruk ini dinamakan Jeruk Bali padahal bukan tanaman asli bali, tapi merupakan buah asli Asia Selatan dan Asia Tenggara. Namun kita lebih mengenal nama buah ini dengan jeruk bali

Itulah jajaran makanan dan buah yang menjadi ikon makanan khas daerah padahal tidak ada kaitannya dengan daerah yang dipakai sebagai nama makanan dan buah tersebut, itulah salah satu kelebihan kita Indonesia. Nama makanan dan buah memakai nama daerah yang buka asalnya dari daerah tersebut. Bila ada nama makanan dan buah lain bisa nanti kita tambahkan.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.