badge

Fasilitas Buat Mantan Presiden RI

Paspampres
Paspampres

Paspampres

Sebentar lagi akan terjadi pergantian pemimpin Negara dan Pemerintah Republik Indonesia. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan digantikan oleh presiden terpilih pada pilpres 2014. Segala fasilitas yang dimiliki oleh SBY sebagai Kepala Pemerintah dan Kepala Negara akan ditinggalkan oleh beliau.

Namun setelah Presiden saat ini Susilo Bambang Yudhoyono pensiun, beliau masih bisa menikmati fasilitas yang layak untuk dinikmati oleh seorang mantan Kepala Negara. Fasilitas yang bakal diterima oleh seorang mantan presiden adalah sebagai berikut :

 

1. Pengamanan Paspampres

Setiap Mantan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia akan diberi pengawalan oleh pasukan Paspampres. Demikian juga dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono nantinya setelah pensiun akan diberi pengawalan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Group D. Bukan hanya Bapak Yudhoyono dan mantan Wakil Presiden yang akan dilindungi, tapi ikut juga keluarganya. Pengamanan ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 59 tahun 2013, tentang Pengamanan Presiden, Wakil Presiden dan mantan Presiden, mantan Wakil Presiden Republik Indonesia beserta keluarganya dan tamu negara setingkat kepala negara, dan/atau setingkat kepala pemerintahan.

 

2. Rumah Pensiun yang Layak

Nantinya setelah pensiun Susilo Bambang Yudhoyono akan mendapatkan fasilitas rumah yang layak sebagai mantan Presiden Republik Indonesia. Bukan hanya mantan Presiden yang akan mendapatkannya, mantan Wakil Presiden juga akan mendapatkan fasilitas Rumah yang layak. Pemberian rumah ini sesuai dengan Keppres Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pengadaan dan Standar Rumah Bagi Mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden RI.

Rumah itu nantinya harus berada di wilayah RI, berada pada lokasi yang mudah dijangkau dengan jaringan jalan yang memadai, memiliki bentuk, keluasan, dimensi, desain, dan tata letak ruang yang dapat mendukung keperluan dan aktivitas mantan presiden atau mantan wakil presiden beserta keluarga, serta tidak menyulitkan dalam penanganan keamanan dan keselamatan mantan presiden dan wakil presiden. Perhitungan penganggaran untuk mengadaan rumah, dilakukan dengan cara: mengalikan luas tanah dengan nilai tanah pada saat penganggaran sesuai kriteria lokasi dan perhitungan pengadaan bangunan dilakukan dengan mengalikan luas bangunan dengan harga per meter persegi pembangunan rumah dengan kualitas baik. Rumah itu nantinya diberikan gratis kepada Mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden sebagai fasilias negara buat mereka dan itu semua menjadi hak milik mereka.

 

3. Uang Pensiun yang cukup besar

Setelah pensiun Bapak  Susilo Bambang Yudhoyono nantinya akan mendapatkan uang pensiun sebagai Mantan Presiden Republik Indonesia. Besaran uang pensiun yang akan beliau terima adalah sebesar Rp 30.240.000 per bulan. Sementara untuk mantan Wakil Presiden Republik Indonesia akan mendapatkan uang pensiun sebesar Rp 20.160.000 perbulan. Mantan Presiden akan menjadi penerima pensiun tertinggi dibandingkan pejabat negara lainnya.

 

Itulah fasilias yang diberikan kepada Mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden oleh negara. Sebagai penghargaan akan jasa dan pengabdian mereka selama menjabat. Jadi Mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden akan dapat menikmati masa pensiunnya dengan nyaman dan aman.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.