badge

Perangkat Perang Canggih Israel

Iron Dome

Perang Israel dan Palestina sudah sering terjadi sejak puluhan tahun lalu, memperebutkan wilayah yang diklaim kedua pihak adalah milik mereka. Israel ingin merebut tanah perjanjian, Tanah Kanaan yang dijanjikan bagi keturunan Musa dalam kitab suci. Sementara Palestina ingin mempertahankan tanah yang telah mereka duduki sejak ribuan tahun lalu.

Kemampuan Israel dibandingkan dengan Palestina tidaklah seimbang baik dalam bidang militer maupun finansial. Teknologi militer yang telah dimiliki Israel sudah sangat maju, yang dipergunakan untuk menyerang musuh mereka ataupun mempertahankan wilayahnya. Militer Israel, Israel Defence Forces, punya segudang perlengkapan canggih untuk mempertahankan negaranya. Terlebih, Israel sering terlibat konflik dan sepertinya selalu merasa terancam sehingga tidak jarang memborbardir negara tetangganya.

1. Iron Dome

Iron Dome

Iron Dome

Kubah Pelindung Israel ini memiliki kemampuan yang sangat menakjubkan dalam menghalau serangan roket yang menuju wilayah Israel. Iron Dome juga memiliki kemampuan menembak jatuh pesawat tempur musuh. Sistem pertahanan Israel ini dikembangkan oleh perusahaan Rafael Advanced Defense Systems. Memiliki jangkauan sampai 70 km, dan mampu melumpuhkan 90% roket yang menyerang Israel. Iron Dome juga memiliki kelebihan mampu membedakan serangan yang menuju wilayah permukiman dan wilayah penting serta yang menuju wilayah kosong. Iron Dome akan membiarkan roket yang menuju sasaran tanah kosong dan akan menghancurkan roket yang menyasar pemukiman dan wilayah penting.

 

2. Satelit Mata-mata Ofeq

Satelit ini merupakan Satelit mata-mata Israel yang diciptakan oleh Israel Aerospace Industries (IAI). Memiliki kemampuan mengobservasi bumi dan mampu merekam gambar resolusi tinggi di daratan untuk kepentingan militer Israel. Ia dirancang dapat beroperasi siang dan malam dalam segala cuaca. Kemampuan keseluruhan Satelit mata-mata ini tidak diketahui jelas karena pasti ditutupi pihak israel. Yang pasti kemampuan satelit mata-mata Israel ini memberi peningkatan Kapabilitas Intelijen Israel dan memungkinkan penanganan ancaman dari dekat maupun jauh dengan lebih baik.

 

3. Drone Super Elbit Hermes 900

Drone Elbit Hermes 900s

Drone Elbit Hermes 900s

Dalam bidang pesawat mata-mata tidak berawak alias drone, Israel memiliki kemampuan membangun Drone canggih yang memiliki nama Elbit Hermes 900 yang dibuat oleh perusahaan teknologi Israel, Elbit Systems. Kemampuan Drone ini sangat teruji dan diakui karena telah banyak negara yang mengimport pesawat mata-mata ini. Bahkan Drone yang dipakai Brajil untuk mengawasi perhelatan Piala Dunia 2014 adalah Drone buatan Israel ini.

 

4. Tank Handal Tank Merkava

Tank utama tentara Israel ini telah teruji sejak  tahun 1979 dan pada perang Lebanon tahun 1982. Memiliki beragam keunggulan dibandingkan tank jenis lainnya, yang membuat tank kebanggaan Israel ini masih dipakai hingga sekarang.

 

5. Mobil Robot Guardium

Guardium

Guardium

Israel juga mengembangkan Mobil Robot yang dinamakan Guardium, yang digunakan sebagai kendaraan patroli menjaga keamanan wilayah Israel. Tampangnya seperti mobil biasa, yang dikendalikan dari jarak jauh yang memiliki peralatan keamanan seperti mesin dan granat. Mobil ini sangat canggih karena walaupun tanpa supir namun hanya dikendalikan dengan remot dari jarak jauh. Mobil ini memiliki sensor malam hari, memahami rambu lalu lintas dan mampu mendeteksi bom di tepi jalan.

 

Itulah beragam teknologi perang yang dimiliki oleh bangsa Israel, yang membuat mereka menjadi bangsa yang kuat dan disegani. Namun menjadi membabi buta menyerang Palestina dengan kemampuan perangnya, yang sangat timpang bila dibandingkan dengan kemampuan Palestina. Makanya bila kita lihat betapa tidak adilnya Israel bisa meluluhlantakkan wilayah Palestina.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.