badge

Tradisi Unik Pesta Pernikahan di Berbagai Negara

Pesta Pernikahan Terunik

Tradisi dari tiap daerah dan suku pasti berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Demikian juga dengan tradisi yang satu ini, tradisi dalam pernikahan yang berbeda – beda yang bisa kita lihat dan bandingkan. Tradisi yang berlaku mulai dari yang lazim samapi tidak biasa kita lihat bahkan tidak masuk akal. Berikut buktinya tradisi dan seremonial dalam pernikahan dari berbagai suku di dunia ini :

 

1. Ritual menginjak kaki para undangan

Undangan menghadiri pernikahan pastinya datang untuk merasakan kebahagian dan mengucapkan selamat bagi kedua mempelai. Tetapi tidak di Tahiti, pasangan pengantin baru di Kepulauan Marquesas, Tahiti memiliki kebiasaan aneh dalam ritual pernikahannya. Pengantin baru wajib menginjak tubuh seluruh undangan yang hadir pada pesta pernikahan mereka. Para undangan akan disusun rapi telungkup diatas karpet hingga pintu keluar gedung pernikahan. Lalu pengantin akan berjalan keluar dan menginjak para undangan sambil mengucapkan selamat tinggal dan terima kasih. Gak tau masih iklas apa gak para undangan yang datang, harus dipijak kedua pengantin sebagai ritual pernikahan. para undangan akan berpikir mungkin untuk hadir.

 

2. Melempar Cacian dan Umpatan

Di Afrika Selatan ada tradisi aneh dan menegangkan, karena kedua keluarga mempelai pengantin baru saling melempar caci maki dan umpatan ke masing-masing keluarga. Tapi mereka tidak marah karena semakin menyakitkan umpatan itu diyakini bakal membuat kedua mempelai akan bahagia dan langgeng. Padahal makian bisa membuat tensi orang yang bentrok semakin naik dan bisa mengakibatkan perkelahian. Entah mengapa budaya ini bisa ada di masyarakat ini, mungkin masyarakatnya sudah kebal dengan umpatan.

 

3. Ibu Hadir di Malam Pertama

Yang lebih aneh dan menggelikan adalah tradisi berikut, tradisi yang terdapat di Cali, Colombia. Bayangkan saja ketika kedua mempelai hendak melewati malam pertama, ibu dari mempelai perempuan hadir dikamar pengantin mereka.  Sang ibu memang sengaja hadir untuk menonton aksi kedua mempelai. Ih pasti  menggelikan kalau kita bayangkan. Mungkin malam pertama tidak akan dilewati oleh kedua mempelai, mau gimana melewati malam ketika ada pengawas yang hadir didalam ruangan yang seharusnya penuh dengan privasi. Dan sang ibu pun ntah mengapa bisa mau hadir, apa gak ngerti dan gak pernah muda. Tapi itulah budaya bagi masyarakat tersebut, mungkin hal tersebut menunjukkan rasa sayang yang besar dari keluarga pada sanga anak.

 

4. Dilarang Tersenyum

Nah tradisi ini juga termasuk unik dan aneh. Setiap pengantin pasti tersenyum ketika hari pernikahannya. Kecuali salah satu mempelainya terpaksa menjalani pernikahannya atau sedang dalam masalah. Namun tidak dengan pengantin di Congo, karena pengantin di daerah ini dilarang tersenyum selama upacara dan resepsi pernikahannya. Alasan pelarangan tersenyum itu katanya karena pernikahan itu adalah sesuatu yang sakral. Dan tersenyum dianggap mengejek nilai-nilai agama dan tradisi yang mereka yakini. Padahal pernikahan adalah moment yang membahagiakan dan seharusnya juga penuh dengan kebahagiaan. Tapi karena itulah tradisi mereka, yang harus dijaga dan diteruskan para penerusnya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.