badge

5 Tahun Kedepan Katanya Gak Ada Penerimaan CPNS

cpns 2015

Belum lagi ujian CPNS 2014 selesai semua dilaksanakan, dan Pemerintahan Presiden Joko Widodo dengan Kabinet Kerja nya dilantik sudah terdengar kabar yang tidak mengenakkan terutama bagi sebagian orang. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Yuddy Chrisnandi mengatakan Pemerintahan Jokowi dalam 5 tahun ke depan tidak akan melakukan penerimaan CPNS. Moratorium penerimaan CPNS ini merupakan instruksi langsung Presiden Joko Widodo.

Pemerintahan Joko Widodo akan mulai mengkaji rasio jumlah birokrat pegawai negeri dibandingkan dengan jumlah penduduk. Sehingga ditemukan komposisi Pegawai Negeri Sipil yang rasional sesuai kebutuhan dan jumlah penduduk Indonesia.

Berita ini pasti merupakan kabar yang tidak enak bagi sebagian orang yang masih merindukan bekerja sebagai Aparatur Sipil Negara alias PNS. Namun itu bukanla hal yang perlu dibesar-besarkan dan dipermasalahkan, karena bukan hanya PNS pekerjaan yang memberi jaminan hidup.

Program ini pasti ditujukan untuk melanjutkan reformasi birokrasi yang sudah dijalankan oleh pemerintahan sebelumnya. Dan moratorium ini bukan yang pertama sekali dilakukan, pada masa orde baru tepatnya masa periode Kabinet Pembangunan VI yang berlangsung dari tahun 1993 sampai dengan 1998, MENPAN dijabat oleh T.B. Silalah Pemerintah mada masa itu telah melakukan Kebijaksanaan Pertumbuhan Nol PNS (Zero Growth). Dan pada masa Presiden SBY moratorium itu pernah dilakukan walau hanya 16 bulan saja terhitung mulai september 2011 sampai desember 2012.

Jadi bagi yang belum melakukan ujian CPNS berusahala secara maksimal untuk lulus tahun ini, karena bagi sebagian orang mungkin ini kesempatan terakhir karena faktor usia. Bagi yang sudah mengikuti ujian namun tidak lulus, berbesar hatilah dan kalau sabar menanti 6 tahun kedepan. Dan perlu dicatat menjadi Pegawai Negeri Sipil bukanlah segala-galanya.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.