badge

Inggris dengan Bio-Bus Indonesia menciptakan Sepeda Motor Berbahan Bakar Air

Isu Go Green akhir-akhir ini sering di digiatkan disemua lini industri. Apalagi persediaan bahan bakar fosil alias minyak bumi sudah semakin menipis di dalam perut bumi, sehingga perlu dicari sumber daya alternatif sebagai pengganti dari Bahan Bakar Minyak. Banyak sumber daya alternatif yang ditawarkan, dan semuanya juga menawarkan produk yang ramah lingkungan.

Di Inggris saat ini telah diluncurkan Bus yan memakai sumber daya yang berasal dari kotoran manusia. Bus itu dinamakan dengan Bio-Bus, dengan kapasitas 40 penumpang. Bio-Bus ini merupakan inovasi dari perusahaan energi GENeco asal Inggris, yang memang fokus ke inovasi energi ramah lingkungan.

Bio-Bus ini bisa berjalan dari energi bahan bakar gas metana yang dilahilkan dari pengolahan kotoran manusia. Dan hebatnya lagi untuk menempuh jarak sejauh 190 mil atau 305 km hanya dibutuhkan satu tanki gas dari kotoran lima orang. Perusaan ini menemukan didalam kotoran manusia mengandung bakteri yang mampu meningkatkan baterai biologis. Bio-Bus ini membuktikan kotoran manusia dan sampah makanan juga bisa dijadikan sumber daya energi alternatif.

motor tenaga air

motor tenaga air

Kalau di Inggris ada Bio-Bus, di Indonesia ada kendaraan bermotor yang memakai bahan bakar air. Modifikasi sumber daya energi alternatif ini dilakukan oleh mahasiswa Universitas Sumatera Utara Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Modifikasi ini dilakukan mahasiswa USU untuk menjawab tuntutan masyarakat akibat naiknya harga BBM. Motor hasil modifikasi ini bisa melaju di jalanan dengan menggunakan bahan bakar terbarukan yang ramah lingkungan. Campuran bioetanol dengan air menghasilkan sumber energi untuk menggerakkan motor. Hebatnya lagi motor hasil modifikasi ini bisa melaju sampai 300 km hanya dengan 500 ml air. Memang bukan air 100% yang menjadi bahan bakar motor kreasi mahasiswa ini, tapi ini bisa menjadi berita dan harapan yang baik serta solusi dengan naiknya harga bahan bakar minyak.

Temuan mahasiswa USU ini membuktikan Indonesia memiliki kemampuan untuk menguasai teknologi. Tinggal menunggu kemauan pemerintah untuk mendukungnya agar bisa dikembangkan lagi agar lebih ekonomis dan dapat diaplikasikan secara masal. Sehingga konsumsi bbm bisa dikurangi dan tidak memberatkan masyarakat. Teknologi ini merupakan teknologi yang ramah lingkungan sebagai bahan bakar alternatif.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

3 Responses

  1. andry24/11/2014 at 22:39Reply

    barusan saya juga membaca ini: http://id.wikipedia.org/wiki/Bahan_bakar_etanol
    dan harga bahan bakar etanol Rp 8.400 / liter .

    yang dipertanyakan berapa liter bahan etanol yang digunakan untuk dicampur dengan 500ml air. jika persentasinya lebih banyak air maka akan menghemat biaya pembelian bahan bakar.

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.