badge

Ornamen Pernak Pernik Natal

Pernak pernik natal

Natal adalah perayaan hari besar bagi umat kristen di seluruh dunia, Perayaan Natal dilakukan untuk merayakan hari kelahiran Jesus Kristus yang diakui dan diimani oleh pemeluk agama kristen sebagai Kristus Juru Slamat. Kemeriahan natal setiap tahunnya dapat kita lihat dan rasakan di rumah-rumah warga kristen, perkantoran dan pusat perbelanjaan biasa memasang ornamen – ornamen natal untu menyambut perayaan Natal. Ornamen pernak pernik natal sudah seperti keharusan ada setiap tahunnya, walaupun itu sebenarnya kebanyakan tidak ada dalam ajaran kristen. Namun untuk menambah kemeriahan natal pemakaian ornamen pernak pernik natal sudah jamak dilakukan saat ini.

Ornamen pernak pernik Natal yang rasanya wajib dalam perayaan Natal diantaranya adalah :

 

pohon natal

pohon natal

Pohon Natal

Kebiasan memasang pohon natal pada mulanya berawal sejak abad ke-16, dibawa dan disebarkan oleh penduduk jerman ke Amerika. Pohon Natal memiliki filosofi hidup kekal, karena pohon cemara yang dijadikan sebagai pohon natal adalah pohon yang kuat dan tetap hijau walaupun pada musim dingin. Pemasangan pohon natal baik yang asli tapi lebih sering yang terbuat dari plastik mudah kita temukan di perumahan warga kristen dan di pusat perbelanjaan. Pohon Natal biasanya dihias dengan beragam pernak pernik dan lampu hias cantik yang berkerlap kerlip, sehingga terlihat semarak dan indah. Tak lupa terkadang dibawahnya diletakkan kotak-kotak kado Natal. Untuk catatan Pohon Natal bukanlah suatu keharusan di gereja maupun dirumah sebab ini hanya merupakan simbol agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain.

 

santa claus

santa claus

Santa Claus/ Sinterklas

Perayaan Natal juga selalu identik dengan kehadiran Santa Claus atau dipanggil juga dengan Sinterklas. Lelaki tua berjenggot putih tebal, dengan topi khas topi sinterklas selalu membawa karung yang berisi hadiah natal buat anak-anak. Penggambaran Sinterklas ini juga tak lupa dilengkapi dengan Rusa kutub untuk menarik Kereta salju sang Sinterklas. Sinterklas ini juga bukan berasal dari ajaran kristen tapi sudah identik dengan natal. Namun telah identik sebagai ikon natal yang gampang kita temukan.

 

gubuk natal

gubuk natal

Gubuk Kecil

Gubuk Kecil juga sering kita temukan pada perayaan natal, namun untuk yang satu ini lebih sering ditemukan di Gereja maupun acara perayaan natal. Gubuk kecil yang diisi dengan boneka anak kecil dalam palungan menggambarkan suasana kelahiran Jesus Kristus. Gubuk kecil itu sering tidak dihias dibiarkan seminimal mungkin tanpa aksesoris, untuk mencerminkan kelahiran Jesus Kristus yang dalam kesederhanaan.

 

karangan bunga natal

karangan bunga natal

Karangan Bunga Natal

Bunga yang dirangkai bulat dengan tambahan aksesoris sering ditempel di pintu rumah warga kristen dengan tulisan Merry Christmas yang ditempel ditengahnya. Penempelan karangan bunga natal ini dilakukan seiring dengan pendirian pohon natal. Pemasangan karangan bunga natal ini juga menandakan dimulainya perayaan natal dan warga sang pemilik rumah siap tuk merayakannya.

 

Itulah daftar ornamen pernak pernik natal yang selalu muncul setiap menyambut perayaan natal. Pernak pernik ini mungkin tidak ada dalam ajaran kekristenan, sebagaian mungkin mengadopsi cerita dan kebiasaan pendahulu. Namun terlepas dari itu pemasangan ornamen pernak pernik ini adalah bertujuan untuk menambah kemeriahan dan semarak perayaan natal, Selamat Natal buat yang merayakannya….

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.