badge

Tips Cara Membedakan Batu Akik Asli Dan Palsu

batu akik

Batu Akik saat ini sedang trend, menjadi primadona banyak orang. Yang dahulunya pemakai batu akik identik dengan orang tua dan pejabat dan selalu identik juga dengan klenik juga. Namun saat ini mulai dari orang tua sampai anak muda bahkan anak-anak baik laki-laki maupn perempuan banyak menggilai batu alam tersebut. Beragam jenis batu alam hasil alam Indonesia saat ini banyak diburu dan diperjualbelikan. Harga batu tersebut bahkan ada yang mencapai milyaran rupiah, harga yang sangat tinggi.

Karena banyaknya peminat batu akik saat ini mengakibatkan penjualan batu akik juga semakin meningkat. Namun kita sebagai pembeli dan penggemar batu akik terutama yang masih awam alias masih penggemar batu akik pemula wajib tahu, bahwa saat ini karena ketenaran batu akik banyak dimanfaatkan para penipu dengan menjual batu akik aspal (asli tapi palsu).

Test batu akik

Test batu akik

Bagi yang sudah master tentang batu akik pasti mudah membedakan mana batu asli dan mana batu aspal. Tapi bagi kita pemula dan masih awam akan sulit membedakan mana batu asli dan batu aspal. Untuk itu bagi kita pemula pecinta batu akik, berikut tips cara membedakan batu akik asli dan palsu :

  1. Batu akik asli memiliki serat didalamnya sehingga akan terlihat seperti retak, warnanya juga lebih redup terutama batu akik yang masih batu, lain cerita bila batunya telah dipoles dengan sempurna. Sedangkan batu akik aspal tidak memiliki serta sehingga akan terlihat lebih terang. Kaca pembesar dapat membantu kita untuk melihat serat yang dimiliki batu asli atau palsu
  2. Batu akik asli bila disorot dengan cahaya akan terlihat memiliki noda, berbeda dengan akik palsu biasanya bersih tanpa noda.
  3. Gunakan tablet atau smarphone layar sentuh anda, karena batu akik asli biasanya bisa menggeser tau merubah layar, membuka dan menutup aplikasi atau bereaksi ketika kita tekan ke layar smartphone atau tablet kita. Sedangkan batu palsu dia tidak akan bereaksi, tapi harus diingat jika menggunakan batu palsu yang telah menjadi cincin jangan sampai besi pengikatnya yang tersentuh ke layar karena itu tidak akan objektif.
  4. Batu akik asli lebih berat dari batu akik palsu, tapi saat ini kabarnya batu akik sintetsi aspal juga telah ada yang sama beratnya dengan batu asli
  5. Tidak ada salahnya jika anda membeli batu membawanya ke laboratorium, untuk diuji keasliannya.
  6. Untuk lebih meyakinkan belilah batu akik yang telah bersertifikat, atau anda juga bisa mensertifikatkannya.
  7. Cara lebih gampangnya adalah dengan menggigit, membakar, dan membanting batu tersebut. Bila dia batu asli dia akan lebih kuat dan tidak akan pecah. Atau anda menggoreskan di kaca, jika asli kaca akan tergores.

mudah-mudahan dengan cara tersebut kita akan terhindar dari batu aspal dan tidak tertipu oleh penjual batu palsu yang biasanya mengatakan batu yang dijualnya adalah asli, tapi kita tidak tau itu asli atau palsu.

 

>>> Anda memakai HP atau Tablet Android ??, Tau gak HP/Tablet Android anda bisa menghasilkan dolar, caranya download WHAFF di Play Store trus daftar memakai account Facebook anda jangan lupa ” Masukkan Kode AG04568 ” anda langsung dapat bonus dolar $0,3 download aplikasi yang ada dan dolarpun akan terkumpul di rekening anda, terbukti, karena saya sudah mendapatkannya …….

baca aja artikelnya Disini

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.