badge

Jajaran Negara Terkecil di Dunia

vatikan

Baru baru ini sekelompok orang memproklamirkan berdirinya sebuah negara lengkap dengan bendera, konstitusi dan moto negaranya. Negara baru tersebut diberi nama Liberland. Liberland hanyalah sepotong tanah kecil diantara negara Kroasia dan Serbia, yang diklaim sebagai sebuah negara tanpa ada pengakuan secara internasional.

Sebenarnya syarat sebuah negara itu ada secara de facto bila memiliki wilayah, penduduk, dan pemerintahan yang berdaulat, jadi Liberland itu belum bisa dianggap sebagai sebuah negara kecil. Syarat wilayah sebuah negara tidak harus luas, karena ada beberapa negara di dunia ini yang memiliki wilayah yang kecil bahkan mustahil disebut sebagai sebuah negara. Berikut Jajaran Negara Terkecil di Dunia :

 

1. Tuvalu

Negara kecil ini terletak di wilayah Samudera Pasifik dan bertetangga dengan Australia. Luas wilayah negara ini sangat kecil hanya 26 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk 10.000 jiwa. Negara ini merdeka tahun 1978 dari penjajahan Inggris.

Fakta dari negara ini adalah jalan di negara Tuvalu ini hanya sepanjang 8 kilometer, rumah sakit yang dimiliki hanya satu.

 

2. Nauru

Negara ini terletak di wilayah Samudera Pasifik, bertetangga dengan Australia. Memiliki luas wilayah hanya 21 kilometer persegi.

Fakta dari negara ini adalah penduduk negara ini memiliki jumlah penderita obesitas alias kelebihan berat badan terbesar kedua di dunia, sehingga disebut negara diabetes. 97 persen laki-laki dan 93 persen wanita di negara ini adalah penderita obesitas.

 

3. Monako

Negara monarki ini adalah bekas jajahan Perancis, luas wilayah negara ini hanya dua kilometer persegi. Sungguh luas wilayah yang sangat kecil untuk sebuah negara, tapi kita harus ingat Monako merupakan rumahnya jutawan bahkan milioner dunia.

Fakta dari negara ini adalah penduduknya hanya 36.000 jiwa, kualitas jalan raya di negara ini sangat bagus, dibuktikan sengan digunakannya jalan raya di negara ini sebagai lintasan Formula

 

4. Vatikan

Negara yang terkecil berikutnya adalah Vatikan, terletak di tengah negara Italia. Luas wilayahnya bahkan tidak sampai satu kilometer persegi.

Fakta dari negara terkecil ini adalah negara ini merupakan wilayah sebuah gereja terbesar di dunia, Gereja Khatolik Santo Peter Basilica, dan merupakan pusat agama Katholik di dunia. Penghasilan utama negara ini adalah dari penjualan kartu pos, buah tangan turis, museum dan pelancong rohani yang banyak datang ke negara ini.

 

Itulah Jajaran Negara Terkecil di Dunia yang saat ini ada, yang kedepannya mungkin akan bisa berubah bertambah atau berkurang.

 

>>> Anda memakai HP atau Tablet Android ??, Tau gak HP/Tablet Android anda bisa menghasilkan dolar, caranya download WHAFF di Play Store trus daftar memakai account Facebook anda jangan lupa ” Masukkan Kode AG04568 ” anda langsung dapat bonus dolar $0,3 download aplikasi yang ada dan dolarpun akan terkumpul di rekening anda, terbukti, karena saya sudah mendapatkannya …….

baca aja artikelnya Disini

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.