badge

Alasan Dibalik Rasa Lapar Selama Berpuasa

yuk puasa

Bulan puasa sudah datang, bulan Ramadhan bulan yang suci bagi umat islam di seluruh dunia. Bagi non muslim mari kita menjaga toleransi dan menghargai saudara kita yang menjalankan ibadah puasa. Di bulan puasa kita harus menahan lapar selama sehari penuh sehingga menimbulkan lapar, itu adalah hal yang wajar. Apalagi pertengahan hari alias memasuki jam siang, perut yang lapar dan teriknya sinar matahari seakan menjadi godaan yang sangat berat. Tapi bila dilakukan dengan niat dan kemauan pasti bisa dijalani. Pernahkah anda berpikir, Anda merasa heran kenapa rasa lapar tersebut terus muncul padahal mungkin baru 2 jam yang lalu Anda sahur. Ternyata ada beberapa kebiasaan salah yang selalu dilakukan yang membuat Anda selalu lapar.

Berikut adalah alasan dibalik rasa lapar selama berpuasa yang terus menyerang kita yang dilansir dari healthmeup.com :

Makan terlalu cepat
Ketika Anda makan dengan cepat, maka hormon leptin tidak memiliki waktu untuk bekerja. Padahal hormon ini bermanfaat untuk menjaga agar Anda selalu merasa kenyang. Untuk itulah sangat penting bagi Anda untuk menikmati makanan Anda dengan perlahan saat sahur dan buka. Makanla dengan santai nikmati hidangan,kunyahla makanan anda dengan sempurna agar dapat lumat dan andapun dapat kenyang lebih lama.

Kurang tidur
Bila Anda kurang tidur, maka produksi hormon leptin juga akan berkurang. Selain itu kurang tidur juga akan meningkatkan sekresi hormon ghrelin yang membuat Anda selalu merasa lapar. Untuk itu selama bulan puasa jagalah pola tidur anda, dengan tidur lebih cepat agar tidak terganggu ketika bangun untuk mempersiapkan sahur anda.

Malas beraktivitas
Puasa memang membuat tubuh Anda lemas. Namun hal tersebut bukanlah alasan bagi Anda untuk malas beraktivitas. Sebab ternyata menurut beberapa penelitian, sikap bermalas-malasan ini malah membuat Anda menjadi lapar. Sehabis subuh sangat bagus untuk melakukan olahraga kecil dengan berlari pagi atau jalan pagi, siang hari mencari aktifitas agar aktif, dan disore hari jalan santai sambil menunggu berbuka puasa. Dengan cara tersebut andapun terbebas dari sifat malas selama bulan puasa, tubuh andapun aktif dan sehat.

Dehidrasi
Saat puasa juga merupakan saat rawan dehidrasi. Dan saat dehidrasi datang Anda akan merasa haus yang kemudian akan Anda kira bahwa Anda lapar. Oleh karena itu selalu usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda saat puasa. Ketika berbuka dan sahur perbanyak minum air terutama air putih sebagai cadangan air tubuh anda selama berpuasa seharian sehingga terhindar dari dehidrasi

ternyata 4 hal tersebut yang menjadi alasan dibalik rasa lapar selama berpuasa. Namun hal itu dapat bukan tidak dapat dicegah tapi dapat dicegah dengan cara yang sudah diterangkan di atas. Jadi jalani puasa anda dengan baik dan tubuh tetap bersemangat menjalani aktifitas. Selamat menjalankan ibadah puasa.

>>> Anda memakai HP atau Tablet Android ??, Tau gak HP/Tablet Android anda bisa menghasilkan dolar, caranya download WHAFF di Play Store trus daftar memakai account Facebook anda jangan lupa ” Masukkan Kode AG04568 ” anda langsung dapat bonus dolar $0,3 download aplikasi yang ada dan dolarpun akan terkumpul di rekening anda, terbukti, karena saya sudah mendapatkannya …….

baca aja artikelnya Disini

 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.