badge

8 Negara Yang Sudah Pernah Bangkrut

Negara Bangkrut

Akibat ketidakpastia perekonomian dunia saat ini, banyak negara mengalami keterpurukan. Termasuk negara kita tercinta yang saat ini juga sudah mulai merasakan efek dari perekonomian dunia. Tapi negara kita masih patut bersyukur dan mudah-mudan tidak sampai seperti negara-negara asing yang sudah mengalami kebangkrutan perekonomian. Indonesia sampai saat ini belum pernah menjadi negara bangkrut, tidak seperti Yunani yang saat ini sedang berusaha keras agar bisa keluar dari zona negara bangkrut. Yang terbaru negara Puerto Rico terjerembab masuk menjadi negara bangkrut.

Berikut 8 Negara yang Sudah Pernah Bangkrut:

 

1. Peru

Negara Amerika Latin ini sudah mengalami kebangkrutan pada tahun 2000. Karena gagal membayar utang hanya sebesar USD 80 juta, negara ini masuk dalam 8 Negara Ini Sudah Pernah Bangkrut. Untung Peru bisa bangkit dari kebangkrutan dan dalam 30 hari bisa kembali bangkit.

 

2. Uruguay

Pada mei 2003, Uruguay mengalami krisis efek dari krisis yang melanda Argentina. Utang yang membengkak mencapai USD 11 miliar, namun Uruguay tidak mampu membayar utang obligasi yang sudah jatuh tempo di tahun 2003 dan 2004 sebesar USD 5,7 miliar. Akhirnya pil pahit harus ditelan Uruguay karena harus masuk dalam 8 Negara Yang Sudah Pernah Bangkrut. Namun saat ini Uruguay sudah bisa lepas dari kebangkrutan dan bangkit dengan perekonomian yang mulai tumbuh.

 

3. Ekuador

Di tahun 1999 Ekuador mengalami kebangkrutan ekonomi. Utang sebesar USD 6,6 miliar yang jatuh tempo sulit untuk dibayar oleh Ekuador. Untung dengan dukungan Amerika Serikat, negara Amerika Latin ini bisa direstrukturisasi. Ternyata setelah lepas dari kebangkrutan di tahun 1999, Ekuador kembali mengalami kebangkrutan pada tahun 2008. Kebangkuratan kedua ini diakibatkan gagal bayar akan utang sebesar USD 3,2 miliar.

 

4. Jamaika

Negara Amerika Latin ini mengalami kebangkrutan sampai 2 kali, kebangkrutan pertama terjadi di tahun 2010, selanjutnya setelah bangkit kembali jatuh masuk dalam 8 Negara Yang Sudah Pernah Bangkrut pada tahun 2013. Akibat gagal bayar utang sebesar USD 9,1 miliar, Jamaika jatuh menjadi negara bangkrut.

 

5. Rusia

Ternyata negara besar ini pernah juga jatuh dalam kebangkrutan, Rusia bangkrut pada tahun 1998. Anjloknya perekonomian Rusia adalah efek buruk dari krisis yang juga melanda Asia, yang mana Indonesia juga mengalami krisis di tahun 1998. Gagal bayar utang Rusia mencapai rekor terbesar di dunia. Namun saat ini Rusia sudah bangkit dari kebangkrutan perekonimannya.

 

6. Argentina

Argentina menjadi negara bangkrut di tahun 2001, akibat tidak mampu membayar utang sebesar USD 82 miliar. Ternyata IMF juga menolak untuk membantu Argentina untuk memberikan bantuan tambahan utang. Tapi akhirnya Argentina bisa bangkit dari keterpurukan dan keluar dari zona negara bangkrut.

 

7. Yunani

Negara ini mengalami kegagalan dan menjadi negara bangkrut akibat gagal bayar utang sebesar USD 1,7 miliar yang jatuh tempo pada 30 juni 2015. Total utang negara ini yang mencapai USD 360 miliar membuat Yunani mengalami kesulitan perekonomian. Bantuan yang ditawarkan oleh negara Uni Eropa dan IMF namun ditolak oleh Yunani karena mensyaratkan untuk melakukan pemangkasan gaji dan pensiun PNS dan menaikkan pajak. Hingga artikel ini dibuat belum ada kepastian perekonomian Yunani.

 

8. Puerto Rico

Negara terbaru yang masuk dalam zona negara bangkrut adalah Puerto Rico, negara Amerika Latin ini resmi menyandang negara bangkrut akibat kegagalan membayar utang yang jatuh tempo pada 1 Agustus 2015 sebesar USD 58 juta. Sedangkan total utang negara ini mencapai USD 72 miliar. Saat ini Puerto Rico berada di spiral kematian dan tidak bisa membayar utang karena kesulitan ekonomi yang dialami.

 

Itulah jajaran negara yang masuk zona Negara-Negara Bangrut di Dunia, bila kita lihat memang sebagian dari negara bangkrut ini adalah negara yang berada di Amerika Latin. Penyebab dari kebangkrutan negara-negera ini ketidak mampuan membayar utang karena krisis perekonomian yang dialami. Negara kita juga saat ini sedang mengalami kesulitan perekonomian, semuga pemerintah dapat mencari jalan keluar agar kita tidak masuk dalam zona negara bangkrut dan bergabung dengan 8 Negara Yang Sudah Pernah Bangkrut.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.