badge

Cara Daftar SIM Baru Online

Cara Daftar SIM Baru Online

Untuk mengurangi tingkat percaloan dan mempermudah masyarakat dalam melakukan pembuatan Surat Izin Mengemudi alias SIM, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah meluncurkan pembuatan SIM baru secara online. Sebelumnya SIM Online hanya dapat melayani perpanjangan SIM saja, tapi saat ini telah bisa untuk pembuatan SIM baru.

Cara Daftar SIM Baru Online gimana? Pastinya pemohon harus memiliki e-KTP sebagai syarat mutlaknya. Lalu langkah selanjutnya adalah sebagai berikut :

Langkah pertama buka http://sim.korlantas.polri.go.id.

  • Pilih menu Pendaftaran SIM Online
  • Isi data anda di form yang disediakan (catatan: Polda, Satpas dan Lokasi Kedatangan adalah lokasi tempat satpas yang dituju. Apabila pemohon datang ditempat selain yang dipilih, proses penerbitan SIM tidak dapat dilakukan)
  • Setelah selesai akan terkirim email bukti registrasi online ke kotak surat email anda.

Langkah kedua :

Setelah mendapatkan bukt Registrasi Online, pemohon dapat langsung melakukan pembayaran di ATM, EDC ataupun Teller BRI dimanapun dan melakukan pembayaran sebesar biaya yang tertulis di bukti registrasi online yang didapat.

Langkah ketiga :

Selanjutnya kirim ulang email bukti registrasi lewat http://sim.korlantas.polri.go.id.

  • Pilih menu kirim ulang bukti registrasi
  • Isi email yang telah digunakan untuk Registrasi Online. Kemudian klik tombol Kirim
  • Akan tampil data registrasi pemohon beserta informasi bahwa bukti registrasi telah dikirimkan kembali ke email pemohon.

Langkah keempat :

  • Datang ke Gerai SIM Keliling yang telah dipilih saat registrasi melalui website pada tanggal yang telah anda pilih.

Setelah itu pihak kepolisian akan melakukan pengecekan data lalu, pemohon akan menjalani ujian teori dan praktik seperti halnya pada pembuatan SIM baru konvensional. Ketujuh, jika lulus ujian, SIM diterbitkan.

Itulah Cara Daftar SIM Baru Online yang telah dipermudah pihak kepolisian, karena dengan sistem online tidak perlu membuat SIM di daerah alamat KTP, tetapi bisa dilakukan diseluruh wilayah Indonesia. Cara Cara Daftar SIM Baru Online sangat membantu dan mempermudah kita dalam pengurusan SIM, jadi mari urus SIM anda. Ops saat ini Cara Daftar SIM Baru Online baru bisa dilakukan untuk pengurusan SIM A dan SIM C.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.