badge

Jenis Alergi Makanan yang Harus Diketahui

Jenis Alergi Makanan yang Harus Diketahui

Alergi merupakan reaksi yang timbul karena tubuh mengalami kontak terhadap allergen. Salah satu jenis alergi yang paling banyak diderita adalah alergi makanan. Alergi ini adalah reaksi alergi yang timbul karena sistem imun yang keliru merespon protein yang berasal dari suatu makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh dan menganggapnya sebagai suatu ancaman. Jika tubuh kemasukan allergen misalnya susu sapi, maka akan muncul reaksi alergi seperti rasa gatal yang tidak tertahankan dan timbul ruam pada kulit.

 

Jika dilihat dari zat pemicu serta jangka waktu munculnya suatu gejala alergi, maka alergi makanan dibagi menjadi 3 jenis yaitu non-immunoglobulin E (non-IgE), immunoglobulin E (IgE) serta gabungan dari IgE dan non-IgE. Alergi makanan karena IgE adalah alergi makanan yang paling banyak terjadi dan biasanya gejalanya terjadi tidak lama setelah penderitanya mengkonsumsi makanan yang menjadi allergen.

 

Sedangkan jenis non-IgE disebabkan karena zat antibody selain IgE dan jangka waktu atau rentan munculnya gejala lebih lama jika dibandingkan dengan alergi IgE. Waktu sebelum gejala tersebut muncul biasanya hingga waktu berjam-jam setelah penderitanya makan. Untuk orang yang mengalami alergi gabungan dari IgE dan non-IgE, penderita akan merasakan gejala dari alergi IgE dan non-IgE. Walaupun alergi IgE dan non-IgE memiliki gejala yang hampir sama akan tetapi, tekstur ruam dari alergi non-IgE tidak tampak timbul. Beberapa penderitanya justru akan mengalami kulit yang pecah-pecah dan tampak kering, berwarna merah dan rasanya gatal.

 

Di Indonesia, 1 dari 25 anak menderita alergi protein susu sapi dan memiliki gejala umum yang terjadi di pernafasan dan kulit. Jadi anda harus tahu pemahaman alergi susu sapi untuk anak, agar tidak terjadi kekurangan protein dan kalsium sehingga pertumbuhan anak menjadi kurang maksimal. untuk memenuhi kebutuhan gizi akan protein dan kalsium tersebut, dibutuhkan susu pengganti misalnya SGM Eksplor Soya. Susu dari Sarihusada ini menggunakan formula isolat protein kedelai yang dapat memenuhi kebutuhan protein anak. Dilengkapi dengan Presinutri+, tumbuh kembang anak dapat optimal sehingga anak tetap dapat bereksplorasi untuk mencari tahu apa yang ada di sekelilingnya sehingga pengetahuannya akan bertambah.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.