badge

Daftar Mega Korupsi Uang Negara Di Indonesia

Daftar Mega Korupsi Uang Negara Di Indonesia

Salah satu musuh kemajuan suatu negara adalah prilaku korupsi, sehingga korupsi itu layak untuk dilawan. Negara besar seperti china yang merupakan negara berbasis komunis sangat getol memerangi korupsi, mereka tidak segan untuk menangkap bahkan menghukum mati pejabat yang melakukan praktek korupsi. Bagaimana dengan Indonesia? Dikutip dari  Koalisi Anti Korupsi Internasional, Transparency International yang merilis survei tahunan mereka akan negara yang paling korup di dunia, ternyata Indonesia menempati urutan ke 90 negara terkorup dari 176 negara. Posisi ini mencerminkan bahwa Indonesia belum bersih dari prilaku korupsi, banyak Daftar Mega Korupsi Uang Negara Di Indonesia yang saat ini.

Banyak kasus korupsi besar yang terbongkar di negeri ini, jumlahnya bukan kecil bahkan sangat besar ada yang sampai triliuan rupiah uang negara yang dikorupsi berhasil terbongkar. Tahukah anda kasus korupsi besar yang ada di negeri ini yang sudah dan sedang dibongkar oleh aparat penegak hukum?. Berikut Daftar Mega Korupsi Uang Negara Di Indonesia yang berhasil dibongkar oleh penegak hukum :

1.Kasus Korupsi Simulator SIM

Daftar Mega Korupsi Uang Negara Di Indonesia  yang pertama Kasus korupsi simulator SIM ini sempat mencuat dan ramai diperbincangkan, karena nilai kerugian negara yang cukup besar dan melibatkan oknum institusi penegak hukum. Korupsi  simulator SIM ini membuat kerugian negara sebesar Rp 121 Miliar dari anggaran sebesar Rp 196,8 Miliar. Betapa besarnya uang yang dikorupsi dari total anggaran yang tersedia.

2.Kasus Korupsi Hambalang

Daftar Mega Korupsi Uang Negara Di Indonesia kedua adalah kasus korupsi hambalang. Mungkin belum lepas dari ingatan kita kasus  korupsi Pusat Olahraga Hambalang di Bogor Jawa Barat yang melibatkan banyak anggata DPR bahkan seorang menteri harus ikut meringkuk dipenjara karena kasus korupsi hambalang. Dari sekitar Rp 2,5 Triliun anggaran proyek hambalang negara dirugikan sekitar Rp 464 milia yang dikorupsi oleh berbagai pihak.

3.Kasus Korupsi E-KTP

Daftar Mega Korupsi Uang Negara Di Indonesia ketiga adalah kasus korupsi E-KTP. Kasus korupsi pengadaan E-KTP ini sangat masif, melibatkan banyak pihak mulai dari pihak Legislatif, Eksekutif dan Penyedia Barang ikut terlibat dalam kasus E-KTP ini. Sampai saat ini penyelidikan kasus ini masih terus berjalan dan membuat gerah banyak pihak. Dari anggaran sebesar Rp 5,9 Triliun untuk pembuatan E-KTP ini, diperkirakan ada sekitar Rp 2,3 Triliun uang negara yang dikorupsi dan menyebabkan kerugian negara. Bayangkan betapa besarnya uang negara yang dikorupsi dalam kasus E-KTP ini.

4.Kasus Korupsi SKL BLBI

Daftar Mega Korupsi Uang Negara Di Indonesia keempat adalah kasus korupsi  SKL BLBI. Ternyata kasus E-KTP bukanla kasus terbesar masih ada kasus Surat Keterangan Lunas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia alias SKL BLBI. BLBI adalah program pinjaman dari Bank Indonesia kepada bank-bank yang mengalami masalah pemenuhan pembayaran kewajiban, kaitannya saat terjadi krisis moneter 1998. Bank-bank yang menerima BLBI tentu harus membayar kembali bantuan yang sudah diterimanya. Bila sudah membayar kewajiban itu, bank akan diberi surat pemenuhan kewajiban pemegang saham atau surat keterangan lunas (SKL). Dari hasil penyelidikan ditemukan permasalahan yang menyebabkan kerugian negara yang sangat besar. Berdasarkan keterangan KPK, negara rugi Rp 3,7 Triliun gara-gara kasus SKL BLBI ini.

Sampai saat ini kasus SKL BLBI ini adalah kasus korupsi terbesar yang berhasil dibongkar. Namun apakah kasus SKL BLBI merupakan yang kasus terbesar? Kabarnya KPK saat ini sedang menangani kasus korupsi besar yang mengindikasikan kerugian negara lebih bear dari kasus korupsi E-KTP dan SKL BLBI. Berapa kira-kira kerugian itu, masih misteri sampai nanti terungkap ke publik.

Mungkin masih banyak kasus korupsi uang negara yang besar lainnya, tapi empat kasus korupsi inilah yang termasuk kasus korupsi uang negara dengan kategori besar di Indonesia yang dilakukan oleh oknum pejabat publik maupun oknum aparat penegak hukum sendiri. Bayangkan betapa besarnya uang negara yang dikorupsi yang bisa memberi manfaat buat pembangunan infrastruktur maupun untuk peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.