badge

Tips Membersihkan Monitor Komputer Biar Lebih Aman

Saat ini selain handphone, komputer merupakan jenis teknologi yang paling banyak digunakan dalam keseharian. Pemakaiannya yang sering itulah kadang menyebabkan layar monitor komputer menjadi kotor. Jika sudah kotor tentu saja mengganggu Anda saat menggunakannya karena layar akan terlihat tidak jernih serta berdebu. Meskipun sering dianggap sepele, membersihkan monitor komputer ternyata ada tips khusus agar monitor tetap aman tidak rusak dan tentunya lebih bersih. Apa saja tipsnya? Simak ulasan berikut!

 

Pastikan Komputer dalam Keadaan Mati saat Dibersihkan

Saat ingin membersihkan monitor, terlebih dahulu Anda harus mematikan komputer tersebut. Sangat tidak diperbolehkan membersihkan monitor dalam keadaan masih menyala karena dapat mengakibatkan kerusakan yang cukup serius dan bisa berdampak pada dead pixel atau titik cahaya yang mati. Selain itu, jika membersihkan monitor komputer dalam keadaan mati tentu saja kotoran di monitor akan lebih mudah terlihat dan dibersihkan.

 

Gunakan Cairan Pembersih Khusus Monitor

Membersihkan monitor tidak boleh menggunakan dengan sembarangan cairan. Anda tidak bisa hanya menggunakan air untuk membersihkannya. Gunakanlah cairan khusus pembersih monitor karena kandungannya sudah disesuaikan agar aman digunakan untuk membersihkan monitor. Jangan menggunakan cairan yang mengandung amonia dan alkohol karena kedua cairan tersebut dapat menyebabkan layar monitor komputer Anda menjadi menghitam.

 

Jangan Menyemprotkan Cairan Pembersih Secara Langsung

Monitor komputer terbuat dari lapisan bahan kaca dan elemen lain yang sangat tipis dan sensitif. Jika Anda meneyemprotkan cairan pembersih secara langsung ke monitor, kemungkinan besar akan membuat monitor komputer Anda konslet karena cairan pembersih tersebut masuk ke dalam mesin.

 

Gunakan Lap Berbahan Kain Mikrofiber

Jangan sembarangan pilih kain untuk lap monitor karena salah-salah, monitor malah bisa menjadi rusak karena tergores kain yang berbahan kasar. Pilih kain yang lembut seperti berbahan mikrofiber. Hindari mengelap monitor dengan tissue toilet atau handuk. Lap monitor dengan satu arah jangan bolak balik karena hal tersebut juga bisa menyebabkan monitor tergores.

 

Bersihkan Secara Rutin dan Pakai Screen Protector

Jika Anda tidak rutin membersihkan monitor, tentu kotoran yang ada akan lebih menempel sehingga sulit untuk dibersihkan. Untuk itu Anda perlu membersihkan monitor secara berkala, misalnya saja rutin sebulan sekali. Jangan lupa juga gunakan screen protector agar kotoran tidak langusng menempel di monitor.

 

Itulah beberapa tips membersihkan monitor komputer agar tetap aman. Simple bukan? Yuk segera terapkan agar monitor tetap terlihat bersih dan kinclong!

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.