badge

Cara Menghemat Listrik dalam Menghadapi Kenaikan Listrik

Cara Menghemat Listrik dalam Menghadapi Kenaikan Listrik
Cara Menghemat Listrik dalam Menghadapi Kenaikan Listrik

Cara Menghemat Listrik dalam Menghadapi Kenaikan Listrik

Sepanjang tahun 2017 ini Pemerintah telah melakukan penyesuaian tarif listrik terutama untuk pelanggan daya 900 VA yang tidak masuk kategori kurang mampu. Penyesuaian ini membuat kenaikan listrik terasa mahal dan sangat terasa. Besaran penyesuaian kenaikan listrik bagi pelanggan 900 VA yang berlaku per tanggal 1 mei 2017 mencapai 32%, sebelumnya juga penyesuaian tarif telah dilakukan pada bulan januari dan maret 2017. Untuk tahun ini rencananya penyesuaian tarif akan membuat kenaikan listrik mencapai 131%, angka ini asngat besar dan akan menambah beban pengeluaran yang semakin besar. Untuk itu kita perlu mencari solusi menghadapi penyesuaian tarif listrik ini dengan cara menghemat penggunaan listrik. Bagaimana cara menghemat listrik dalam menghadapi kenaikan listrik ?.

Kita dapat melakukan Cara Menghemat Listrik dalam Menghadapi Kenaikan Listrik seperti berikut :

Budayakan Hemat

Cara Menghemat Listrik dalam Menghadapi Kenaikan Listrik pertama adalah biasakan mematikan peralatan listrik baik lampu, air, tv, ac, kipas angin, charger ponsel dan laptop bila memang tidak digunakan atau dibutuhkan. Karena hal seperti ini sangat sering, tanpa sadar inilah penyebab pemakaian listrik kita boros. Sering kita lupa mematikan lampu atau tv yang terus hidup padahal tidak ada yang menonton. Dengan mematikan dan mencabut yang tidak diperlukan yakinla bisa menghemat pemaikaian listrik kita.

Ganti Lampu LED

Cara Menghemat Listrik dalam Menghadapi Kenaikan Listrik kedua adalah mungkin saat ini tidak masanya lagi memakai bola lampu neon, karena boros dan kurang terang. Banyak orang menggunakan lampu hemat energi saat ini karena terbukti memang lebih irit sesuai namanya. Tapi untuk lebih menghemat pemakaian listrik, anda juga bisa mengganti pemakaian lampu anda menjadi lampu Light Emitting Dioda atau yang lebih akrab disebut lampu LED. Banyak keunggulan jenis lampu ini lebih hemat, lebih terang dan lebih tahan lama. Pemakaian arus listrik 80% lebih rendah dari lampu biasa tetapi menghasilkan cahaya yang lebih terang. Untuk harga memang lebih mahal dari lampu neon ataupun lampu hemat energi biasa, tetapi akan mampu menghemat pemakaian listrik anda yang bisamembantu mengurangi pembayaran listrik anda.

Beralih ke Listrik Pra Bayar

Cara Menghemat Listrik dalam Menghadapi Kenaikan Listrik ketiga adalah dengan listrik pra bayar. Mungkin banyak yang takut menggunakan listrik pra bayar, karena listrik bisa tiba-tiba padam karena kehabisan pulsa. Padahal sebelum habis akan ada peringatan berupa bunyi dari meteran listrik yang menandakan kita harus segera mengisi token listrik kita. Saat ini juga sudah sangat banyak tempat yang menjual token listrik sehingga tidak perlu kuatir kesulitan mengisinya. Listrik pra bayar ini memiliki kelebihan karena tidak dikenakan biaya abonemen setiap bulannya, tergantung golongan tarif anda. Bayangkan berapa yang bisa anda hemat jika sudah tidak membayar abodemen lagi?. Setiap pembelian token listrik hanya dikenakan biaya sekitar Rp 2000,-. Penggunaan listrik pra bayar ini juga menghindari kesalahan catat petugas listrik sehingga bisa membuat tagihan listrik naik turun drastis.

Itulah beberapa Cara Menghemat Listrik dalam Menghadapi Kenaikan Listrik yang bisa dilakukan. Mungkin hal sepele selama ini yang kita tidak pikirkan, tetapi membuat tagihan listrik kita membengkak dan membuat kantong anda jebol. Marilah kita bijak menggunkan listrik, berhemat untuk mengurangi pembayaran listrik kita.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.