badge

5 Tempat Wisata Populer di Gunungkidul

Curug Luweng Sampang

Pantai Timang/Blog.reservasi.com

Ada banyak tempat wisata di daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Gunung Kidul saat ini dikenal sebagai salah satu tempat wisata untuk memacu adrenalin yang cocok bagi para petualang ataupun para Backpacker.

Dulu Gunungkidul wilayah yang tidak produktif karena memiliki tanah yang kering dan tandus. Namun ternyata dibalik itu semua Gunungkidul memiliki pesona keindahan sehingga memiliki banyak desa wisata unggulan. Dengan munculnya desa wisata di daerah Gunung Kidul membuat booking hotel online di Yogyakarta semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Lalu apa saja tempat wisata di Gunungkidul yang layak untuk kamu kunjungi bersama teman-teman? Berikut adalah ulasannya.

  1. Curug Luweng Sampang

Jika daerah Bogor memiliki banyak Curug atau air terjun menaik dan indah, daerah Gunungkidul pun tak kalah menarik karena ada beberapa tempat wisata air terjun yang sangat sayang untuk dilewatkan. Salah satu Curug yang tak boleh kamu lewatkan adalah Curug luweng Sampang.

Curug indah ini beralamat di desa Sampang, Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Namun sayangnya Curug ini memang tidak mudah untuk dijangkau karena lokasinya yang sangat tersembunyi. Salah satu pesonanya yaitu tebing dengan warna gradasi alami menjadi pintu gerbang menuju air terjun yang cantik ini.

Terlebih air sungainya masih sangat bening juga bisa digunakan untuk berenang atau bermain air. Kalau kamu pernah mengunjungi grand Canyon di Garut tempat ini tak berbeda jauh bahkan lebih bagus lagi.

  1. Gua Jomblang
gua jomlang

gua jomlang

Daerah Gunung Kidul memang dikenal dengan tempat wisata Gua seperti tempat wisata di daerah Bayah Banten yaitu Tanjung Layar yang memiliki beberapa gua di sekeliling tempat wisatanya.

Salah satu tempat wisata gua di Gunungkidul adalah gua jomblang. Gua ini berada di desa pacarejo, Semanu, Yogyakarta. Gua ini dikelilingi dengan hutan purba yang masih sangat alami.

Tak seperti gua lainnya untuk bisa memasuki Goa Jomblang kamu harus menggunakan tali karena pintu masuk gua ini merupakan sebuah lubang vertikal. Waktu terbaik untuk mengunjungi Gua Jomblang adalah pada saat matahari berada di atas kepala. Sehingga cahayanya bisa masuk ke dalam gua dan memberikan efek yang sangat menawan.

  1. Goa Pindul
goa pindul

goa pindul

Gua Pindul memang salah satu tempat wisata paling mainstream di Gunungkidul. Jangan berharap bisa mendapatkan tempat terbaik ataupun lokasi ya sepi saat musim lebaran. Jadi, jika kamu ingin mengunjungi Gua Kidul waktu terbaiknya adalah pada saat orang lain bekerja dan kamu liburan.

Salah satu aktivitas paling menarik di Goa Pindul adalah cavetubing, kamu bisa menyusuri Goa dengan menggunakan ban dalam kendaraan sambil menggunakan safety jacket. Sehingga sensasinya tak beda jauh seperti sedang ber arum jeram.

Bedanya kamu bisa menyusuri sungai di bawah Gua Pindul tanpa harus mendayung. Selain menawarkan pesona keindahan di dalam gua kamu juga bisa menikmati perjalanan sepanjang 300 meter yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam dengan menggunakan bahan yang mengapung di sungai.

Pastikan kamu menggunakan pakaian yang tidak terlalu berat misalnya hindari menggunakan pakaian berbahan Denim atau jeans. Karena bahan seperti itu sangat berat jika dibawa ke dalam air. Gunakan pula sandal gunung atau sepatu yang bisa cepat kering. Kamu hanya tinggal membayar tiket cave Tubing yang akan didampingi oleh para guide wisata di kawawan Goa Pindul.

  1. Gunung Api Purba Nglanggeran

Salah satu tempat wisata baru di daerah Gunung Kidul adalah gunung api purba Nglanggeran. Gunung Api Purba ini bukan hanya sebagai tempat wisata tapi juga tempat wisata yang edukatif bagi pelajar juga mahasiswa.

Selain itu gunung purba api Nglanggeran juga merupakan tempat wisata yang instagramable, tidak sedikit wisatawan yang jauh-jauh untuk mendaki gunung purba Nglanggeran untuk mendapatkan foto ciamik dari puncak gunung di Yogyakarta ini.

Gunung Api Purba Nglanggeran ini memiliki ketinggian sekitar 700 mdpl atau setara dengan ketinggian Kota Bandung. Meskipun dinamakan Gunung Api Purba Nglanggeran namun Medan untuk mendaki gunung ini tidak terlalu susah. Meski begitu kamu harus menyiapkan perlengkapan dan pakaian pribadi khususnya dan juga alas kaki yang nyaman.

Durasi perjalanan diperkirakan memakan waktu sekitar 60 menit. Tempat wisata ini juga menjadi salah satu Spot favorit untuk melihat matahari terbit atau untuk melihat matahari terbenam di puncak yang berbeda.

  1. Pantai Timang
pantai timang

pantai timang

Sana ke pantai yang berbeda dengan pantai pantai lain di Gungungkidul yaitu pantai Timang. Pantai ini menawarkan pesona yang berbeda karena kamu tidak bisa berenang di samping ini melainkan menguji keberanian kamu untuk menyeberang ke sebuah batu karang yang menjorok ke lautan.

Jembatan gantung dengan kabel panjang yang kuat ini panjangnya sekitar 100 meter. Tempat wisata ini juga menjadi salah satu Spot instagramable di daerah Gunung Kidul gua Pindul dan Gua Jomblang.

Untuk bisa menikmati tempat wisata tersebut tentu saja kamu tinggal mencari salah satu online travel agent terpercaya. Misalnya situs yang jual tiket pesawat dengan harga murah seperti reservasi.com.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Mohon Isi Penjumlahannya * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.